Sekolah Binaan YPA-MDR di Bantul Sudah Unggul

Bantul – Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) melakukan audiensi kepada Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih bersama Risman Supandi, M.Pd selaku Kepala Bidang SMP dan Retno Yuli Astuti, M.Pd Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul secara virtual melalui media Zoom Meeting di Ruang Kerja Bupati, Jumat (16/4).

Tujuan audiensi ini untuk menyampaikan laporan pembinaan yang telah dilakukan pada tahun 2020 dan perencanaan kegiatan yang akan dilakukan pada tahun 2021 serta pencapaian-pencapaian prestasi sekolah yang sangat membanggakan Kabupaten Bantul. 

Ketua YPA-MDR Herawati P. menyampaikan, “Program Astra Untuk Indonesia Cerdas kami masuk ke sekolah – sekolah dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah. Dalam 4 pilar yaitu Pilar Akademis, Pilar Karakter, Pilar Kecakapan Hidup dan Pilar Seni Budaya. Hingga kini sudah ada 106 sekolah yang menjadi sekolah binaan YPA-MDR dan Bantul merupakan salah satu wilayah binaan kami dari tahun 2007 yang pada saat itu total guru binaan di Kabupaten Bantul ada 152 dengan total siswa 1.844 orang. Hingga saat ini performan dari sekolah-sekolah binaan kami di Bantul semuanya sudah unggul.”

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bantul yang telah mendukung semua kegiatan-kegiatan YPA-MDR, sehingga kini ada 5 sekolah binaan kami yang semuanya sudah menjadi sekolah unggul dan berprestasi, selanjutnya kami akan melakukan pembinaan-pembinaan dalam hal soft skill. Diharapkan juga sekolah binaan kami dapat mengimbaskan ke sekolah-sekolah lain diluar dari binaan kami di Kabupaten Bantul.” lanjut Herawati.

Sekretaris YPA-MDR Kristanto P. memaparkan kegiatan pembinaan sekolah di Kabupaten Bantul tahun 2020, pencapaian serta dampak dari capaian tersebut, serta rencana program di tahun 2021 yaitu strategi pembinaan selama pandemi Covid-19. Beliau mengatakan, “Terdapat isu dan harapan salah satunya yaitu para guru yang kompeten di bidang matematika GASING (Gampang, Asik, Menyenangkan) serta memiliki metode dan media pembelajaran yang implementatif yang belum dioptimalkan maka dari itu diharapkan dinas dapat membentuk task force/guru penggerak yang bisa dilibatkan dalam program pengimbasan.”

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih menanggapi dengan berterima kasih dan mengapresiasi atas kerjasama, kolaborasi dan bantuannya kepada YPA-MDR karena telah membina sekolah-sekolah di Kabupaten Bantul baik akademis maupun nonakademis. Pemerintah Kabupaten Bantul memiliki program mengembangkan prestasi akademik maupun non akademik melalui 3 pilar untuk pendidikan, yaitu peran serta orangtua, perbaikan metedologi mengajar guru, dan memberikan perhatian khusus kepada siswa-siswi yang tertinggal baik secara akademik maupun non akademik. Dari program binaan YPA-MDR diharapkan dapat terus berjalan sehingga satuan-satuan pendidikan di Bantul dapat ditingkatkan prestasinya. (ea)

Berbagi:

Pos Terbaru :