TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 Sasar Padukuhan Watugedug, Guwosari

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 dibuka hari ini, Rabu (11/05). Menyasar Dusun Watugedug, Kalurahan Guwosari, pembukaan acara ini dilangsungkan di pelataran diorama, kompleks obyek wisata Goa Selarong, Kalurahan Guwosari, Pajangan, Bantul. 
Pogram TMMD Sengkuyung merupakan sinergitas antara TNI, pemerintah kabupaten, dan masyarakat. Kegiatan ini mengakomodasi aspirasi masyarakat terutama dalam pembangunan infrastruktur di wilayah pedesaan dengan mengoptimalkan potensi lokal yang dimiliki masyarakat. 

“TMMD ini menjaga dan memperkuat serta menumbuhkan kearifan lokal yakni gotong royong sebagai saripati nilai-nilai keindonesiaan, selain itu esensi kultur ketimuran berkat TMMD dapat terjaga dengan baik”, terang Bupati Abdul Halim Muslih dalam sambutannya. 

Sasaran fisik yang akan dibangun dalam TMMD kali ini adalah pembuatan cor blok jalan dengan total panjang 832 m yang berada di tiga titik dan pembangunan satu rumah tidak layak huni (RTLH) milik Teguh Hidayat, warga Dusun Watugedug RT 001, Guwosari, Pajangan. Sementara itu sasaran non fisiknya berupa pelatihan bela negara, kamtibmas, penanggulangan Covid - 19, stunting, posyandu, posbindu, dan penyuluhan pokdarwis. 

Rangkaian kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 diperkirakan akan rampung pada minggu kedua Juni mendatang dengan melibatkan kurang lebih 115 orang yang terdiri dari unsur TNI, POLRI, Pemerintah Daerah, Linmas, Tagana, serta masyarakat. Pembangunan dengan nilai anggaran 370 juta ini disokong oleh APBD Provinsi, APBD Bantul, APBKal, dan swadaya masyarakat. 

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan TMMD, kita berharap kegiatan ini dapat membangun optimisme dan ketahanan diri dalam menghadapi tantanga, karena program TMMD ini dapat meneguhkan semangat kebersamaan di tengah masyarakat untuk bersama mengelola sumberdaya dan potensi desa agar semakin maju dan mandiri”, pungkas Halim. 


 

Berbagi:

Pos Terbaru :