KSSB Hadirkan Pementasan Seni setiap Malam Minggu di PSWG

Bantul memiliki ragam seni budaya yang adiluhung, wajib dijaga, dilestarikan, dan dikembangkan bersama. Kolaborasi antara pemerintah daerah, institusi pendidikan seni, komunitas sanggar, dan para seniman harus bersinergi untuk menjaga, melestarikan, dan mengembangkan seni budaya di Kabupaten Bantul.

Hal tersebut yang mendasari para pelaku seni di Kabupaten Bantul untuk untuk membuat wadah yang mampu mengakomodir para pelaku, komunitas, dan sanggar seni di wilayah Kabupaten Bantul agar dapat bersatu dan bersama-sama melestarikan dan mengembangkan seni budaya. 

Sabtu (25/06/2022) diselenggarakan Grand Launching Komunitas Sanggar Seni Bantul (KSSB) di Panggung Terbuka Pasar Seni Gabusan. KSSB merupakan komunitas pemersatu dari seni budaya di Kabupaten Bantul, seperti seni tari, musi, karawitan, teater, drama, dan ketoprak. Diharapkan nantinya KSSB dapat merangkul lebih banyak komunitas sanggar seni di wilayah Bantul. 

“Kegiatan dari KSSB adalah workshop karya sanggar dari anggota setiap satu bulan sekali, pementasan rutin setiap Malam Minggu di Panggung Terbuka Pasar Seni Gabusan, serta lomba setiap tiga bulan sekali dari masing-masing bidang seni, dan pentas kolaborasi setiap akhir tahun,” kata Nanik Sri Handayani, Ketua Komunitas Sanggar Seni Bantul. 

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo merasa bangga dan haru, serta memberikan apresiasi kepada KSSB yang telah memiliki kreativitas secara mandiri melakukan kegiatan, juga terobosan mengembangkan seni tari, salah satunya setiap sanggar memiliki kreativitas untuk menciptakan tari yang diawali dari kegiatan workshop antar seniman tari di Bantul.

“Sanggar telah memberikan kontribusi yang baik dalam pembangunan seni dan budaya di Bantul. Kebudayaan merupakan salah satu pilar yang bisa mempersatukan kita. Mari kita terus kembangkan seni budaya yang ada di Kabupaten Bantul. Terus berkarya dan berjuang untuk mewujudkan Bantul yang harmonis, sejahtera, dan berkeadilan,” pungkas Joko.

Berbagi:

Pos Terbaru :