Jelang HUT Ke-191, Jajaran Pemkab Bantul Ziarah ke Mantan Bupati

Masih dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Bantul yang ke-191 dan sebagai penghormatan kepada para pejabat pendahulu yang telah berjasa terhadap  Kabupaten Bantul, Jajaran Pemerintah Kabupaten Bantul  mengadakan ziarah ke makam tiga belas mantan Bupati, Selasa  (28/6) secara serentak. Rombongan dibagi dalam enam kelompok yang masing-masing mendatangi dua  makam dan ada satu rombongan yang mendatangi tiga makam .

Tiga belas makam Mantan Bupati yang diziarahi diantaranya 1. R. Tumenggung Mangun Negoro di Pager Gunung, Sitimulyo,Piyungan, 2. KRT.Sosro Diningrat di Hastorenggo, Jagalan, Banguntapan, 3. KRT. Dirjokusumo di Hastorenggo, Jagalan, Banguntapan, 4. KRT. Purwoningrat di Rejosari, Karang, Kotagede, 5.KRT. Djojodiningrat di Pakuncen, Yogyakarta, 6. KRT. Brotoningrat di Blunyah Gede, Mlati, Sleman, 7. R. Tumenggung Jayadiningrat di Gilangharjo, Pandak, Bantul, 8. Purboningrat di Imogiri,Bantul, 9. R.Sutomo Mangkusasmito, SH. di Pisangan, Beran, Sleman, 10. R.Tumenggung Mangun Yudho di Sentonotulung, Kalasan, Sleman, 11. Drs. H.Mudjono, NA di Canden,Jetis, Bantul; dan 12.H. Kismo Sukirdo di Sidoarum, Sleman.13. Suheram Partosaputro di TMP 45 Jl. Wates Gamping Sleman.

Rombongan ziarah Mantan Bupati Bantul  terbagi dalam enam kelompok yang terdiri dari Kelompok I  sebagai koordinator Ka Dinas Tenaga Kerja dan Trasnmigrasi dan Kabag Tata Pemerintahan, Kelompok II sebagai koordinator Ka Dinas  Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Ka Dinas Komunikasi dan Informatika, Kelompok III sebagai koordinator Ka Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kelompok IV sebagai koordinator Ka Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah dan Kabag Kesejahteraan Rakyat, Kelompok V sebagai koordinator Ka Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ka Dinas Sosial, Kelompok VI sebagai koordinator Ka Dinas Kebudayaan, Kabag Organisasi dan Ka Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan.

Kelompok II  Ziarah Mantan Bupati Bantul,  rombongan terdiri dari : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Komunikasi dan Informatika, Kantor Inspektorat, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Bagian Umum dan Protokol. Makam Mantan Bupati Bantul yang diziarahi yakni R. Tumenggung Mangun Negoro, dan  R.Tumenggung Mangun Yudho.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul, Bambang Purwadi Nugroho, SH.MH. yang juga sebagai Koordinator Kelompok II  Ziarah Mantan Bupati Bantul,  memimpin rombongan untuk berziarah ke Makam Mantan Bupati Bantul pertama yakni R. Tumenggung Mangun Negoro yang berada di Pager Gunung, Sitimulyo, Piyungan, kemudian dilanjutkan di makam  R.Tumenggung Mangun Yudho di Sentonotulung, Kalasan, Sleman. Dalam sambutannya Bambang menyampaikan, tujuan ziarah yakni sebagai wujud silaturahmi kepada keluarga besar almarhum mantan pendahalu atau pemimpin Kabupaten Bantul  yang sudah banyak berjasa untuk memajukan membangun masyarakat  Bantul.

“ Seiring dengan panjatan doa bersama, mudah-mudahan doa yang kita  bacakan dapat memberikan syafaat atau keringanan  bagi almarhum dihadapan Allah SWT sehingga mendapat berkah, semua amal ibadahnya diterima, semua kekhilafannya diampuni,“ ucapnya.

Bambang berharap, dengan kita berziarah ini mendorong para ahli waris untuk tetap bisa bersemangat membangun Bantul bersama semua seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Bantul, sehingga Bantul benar-benar terwujud sebagai daerah yang maju, sejahtera, harmonis dan berkeadilan.

Lebih lanjut dikatakan terkait dengan kondisi kerusakan makam, dengan kita datang ke lokasi kita bisa melihat kenyataan dilapangan terkait fisik bangunannya, sehingga kalau ada kerusakan, tim atau rombongan bisa mendapat laporan dan akan kita himpun atau dicatat sebagai usulan ke Bupati, sehingga kedepan bisa dipikirkan untuk pembangunan atau bantuannya,  Mungkin juga terkait dengan akses jalan, yang penting dengan ziarah ini benar-benar sebagai bentuk penghotmatan kepada pendahulu.  

Rangkaian ziarah diakhiri ini diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Choirul Amin, S.Ag.M,H dari Kementrian Agama Kabupaten Bantul dan tabur bunga diatas pusara makam Almarhum R. Tumenggung Mangun Negoro, dan  R.Tumenggung Mangun Yudho.


 

Berbagi:

Pos Terbaru :