Gemar Memural, Gaet Pengunjung Milenial

Sebagai upaya meningkatkan minat dan ketertarikan masyarakat terutama kalangan pemuda untuk berkunjung ke museum, Rabu (28/09/2022) digelar Sarasehan Kebangsaan dan Peresmian Mural dalam rangka Hari Karang Taruna 2022 di Museum Taman Tino Sidin, Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. 

Museum Taman Tino Sidin merupakan museum yang menyimpan koleksi karya Tino Sidin. Beliau adalah seorang guru gambar yang dulu sering tampil di layar televisi dan mampu menyihir anak-anak untuk mengembangkan imajinasinya. Selain dikenal sebagai pelukis, Tino Sidin juga seorang pejuang kemerdekaan. 

Sarasehan Kebangsaan dan Peresmian Mural ini merupakan sinergi dari Pemerintah Kabupaten Bantul serta Karang Taruna yang dipadukan dengan museum di Kabupaten Bantul. Dengan kegiatan ini, Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo meyakini bahwa masyarakat terutama generasi muda dapat memahami sejarah di Yogyakarta, terutama di Kabupaten Bantul. 

"Dengan integrasi baru antara Karang Taruna dan Pemerintah Kabupaten Bantul, yang dipadukan dengan museum, sejarah akan tetap bisa diketahui oleh generasi muda dengan cara memberdayakan museum di Bantul dan melibatkan Karang Taruna dari segala lini," ucap Joko. 

Beliau juga menambahkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Kebudayaan didampingi Forum Komunikasi Museum Indonesia Kabupaten Bantul secara rutin melakukan dialog antar pengelola museum bersama masyarakat, dengan tujuan agar masyarakat memahami sejarah terutama di Bantul. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bantul juga memberikan fasilitas program Wajib Kunjung Museum untuk anak sekolah maupun masyarakat.

Berbagi:

Pos Terbaru :