Rakornas ICCN 2022, Bantul Telah Miliki Budaya Kreatif Sejak Dulu

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menjadi satu dari beberapa kepala daerah yang berkesempatan memaparkan potensi industri kreatif daeranya dalam Rakornas Indonesia Creative Cities Network (ICCN) 2022 di I-News Tower, Jakarta Pusat, Rabu (28/9/2022).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bantul memaparkan besarnya potensi industri kreatif di Bantul. "Bantul merupakan kabupaten yang telah memiliki budaya kreatif sudah dahulu, berbagai jenis hasil industri kreatif dengan berbagai bahan baku ada di Bantul," kata Bupati.

Industri kreatif sebagai salah satu pontensi lokal akan akan terus didukung untuk berkembang hal ini sesuai dengan pendayagunaan misi pemerintah Bantul saat ini yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat.

Berdasarkan data yang dipaparkan Abdul Halim, Bantul merupakan kabupaten penyangga ekspor DIY. "70 persen ekspor industri kreatif, khususnya kerajinan DIY berasal dari Bantul dengan nilai ekspor Rp 2.3 triliyun, maka tidak ada keraguan lagi bagi Bantul untuk mendorong perkembangan ekosistem industri kreatif Bantul sebagai salah satu program strategis," tambah Bupati.

Bupati dalam kesempatan tersebut juga mengajak para peserta Rakernas dari berbagai daerah di Indonesia untuk berkolaborasi utamanya dalam penyediaan bahan baku industri kreatif di Bantul. "Bantul ini sangat lengkap industri kreatifnya dengan berbagai bahan baku namun tidak memiliki sumber daya bahan baku, maka pada kesempatan ini saya mengundang Bapak Ibu dari berbagai daerah untuk datang ke Bantul untuk berkolaborasi bersama" ujar Bupati.

Diakhir kesempatan Abdul Halim menyerahkan cindera mata hasil industri kreatif Bantul, berupa tempat minum atau tumbler yang terbuat dari bambu yang diserahkan kepada pimpinan daerah dan kepada Wishutama selaku Komisaris Utama Telkomsel yang turut hadir dalam kesempatan tersebut.

"Ini produk wadah minum yang menarik kita akan bawa ke rangkaian acara G-20," kata mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut.

Berbagi:

Pos Terbaru :