Kuatkan Sektor Fashion Menuju Kota Kreatif Dunia, Dekranasda Gandeng Bantul Fashion Community

Dekranasda optimalkan dukungan bagi Bantul untuk menuju kota kreatif dunia versi UCCN melalui berbagai sektor. Tidak hanya pada industri kriya namun juga fashion. Dekranasda Bantul  melebarkan sayap relasinya menggandeng komunitas pecinta fashion di Kabupaten Bantul yakni Bantul Fashion Community

Komunitas ini berdiri sejak tahun 2017 dengan nama Bantul Fashion Camp didirikan oleh Miss Bantul Organization berkat prakarsa sang ketua, Bayu Kuntani. Pada awal tahun 2023 ini, Bantul Fashion Camp bertransformasi menjadi Bantul Fashion Community. Soft launching Bantul Fashion Community digelar pada Kamis sore (25/5/2023) di Kohi Coffe House and Space. 

Perubahan nama ini bukan tanpa dasar, Bayu Kuntani berharap dengan menggunakan kata "community" dapat membuka ruang yang lebih luas bagi seluruh unsur dalam dunia fashion untuk bergabung dalam komunitas tersebut. Mengamini hal itu, Erwin Yuniati, selaku pembina Bantul Fashion Community mengatakan komunitas yang dibinanya ini memiliki misi untuk menjadi ruang belajar dan berkarya para penggiat fashion sehingga diharapkan dapat membuka jejaring pasar yang lebih luas selaras dengan rencana pemerintah provinsi, menjadikan DIY sebagai pusat fashion dunia.

"Dengan adanya komunitas ini diharapkan akan menjadi wadah untuk berkolaborasi, rekan sesama penggiat fashion bukan lagi dipandang sebagai kompetitor tapi kolabolator sehingga mampu mengangkat potensi fashion di Kabupaten Bantul," lanjut Erwin. Pada awal pembentukannya, 65 desainer menjadi anggota. Dari keiikutsertaannya di komunitas ink, 30 desainer berhasil lolos kurasi dan mempersembahkan karyanya di panggung Jogja Fashion Week.

Aktif menggelar berbagai kegiatan sebagai upaya peningkatan kapasitas anggotanya, komunitas ini berhasil melahirkan desainer-desainer Bantul dengan prestasi yang gemilang. Salah satunya, Opick Vendy, desainer asal Kretek ini berhasil menampilkan karyanya dalam ajang bergengsi, Indonesia Fashion Week 2023 di Jakarta. 

Sementara itu, ketua dekranasda Bantul, Emi Masruroh Halim, mengapresiasi kehadiran Bantul Fashion Community sebagai wadah berekspresi masyarakat pecinta fashion. "Hadirnya komunitas ini menjadi bukti bahwa Bantul merupakan kabupaten yang kreatif diantaranya dalam dunia fashion," imbuh Emi. 

Pihaknya membuka ruang dan fasilitas yang dimiliki dekranasda seluas-luasnya untuk dapat dimanfaatkan Bantul Fashion Community sebagai wujud sinergitas dan komitmen Pemerintah Kabupaten Bantul dalam mendukung iklim kreatif di wilayahnya. (Am)

Berbagi:

Pos Terbaru :