Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 Kabupaten Bantul Digelar Secara Virtual

Bantul - Peringatan puncak acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 dilaksanakan pada hari Senin (12/04/2021) di Ruang Mandala Saba Gedung Induk Lantai 3 Komplek Parasamya Kabupaten Bantul. Pada kesempatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul Ny. Hj. Emi Masruroh Halim, S.Pd, Ketua Tim Penggerak PKK Daerah Istimewa Yogyakarta yang diwakili oleh Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Pakualaman, istri Pejabat Forkopimda Kabupaten Bantul, serta anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul. Acara yang juga dilaksanakan secara virtual melalui media Zoom Meeting ini juga turut disaksikan oleh 17 Kapanewon se-Kabupaten Bantul. Dengan mengambil tema “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju”, acara HKG PKK ke-49 ini turut mengundang dr. Tirta Mandira Hudhi sebagai narasumber.

Acara pertama dibuka dengan sambutan dan laporan penyelenggara yang dibawakan oleh Ny. Dwi Joko Purnomo selaku Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK. Ia menyampaikan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul dalam pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19, di antaranya adalah pemberian masker dan hand sanitizer kepada kader dan masyarakat, pemberian sembako pada masyarakat yang terdampak Covid-19, gerakan gentongisasi, dan dukungan logistik bagi warga terdampak Covid-19 melalui shelter kalurahan.

Adapun prestasi yang berhasil dicapai oleh Kabupaten Bantul pada kegiatan Kesatuan Gerak PKK 2020 di antaranya; Juara I Monev Lingkungan Bersih Sehat Tingkat DIY tahun 2020 atas nama Tim Penggerak PKK Kalurahan Murtigading, Kapanewon Sanden, Juara II Lomba Gerakan Gentongisasi Tingkat DIY Tahun 2020 atas nama Tim Penggerak PKK Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak, dan Juara III Monev UP2K-PKK Tingkat DIY Tahun 2020 atas nama UP2K-PKK Kalurahan Tamanan, Kapanewon Banguntapan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada Kader PKK baik di tingkat DIY maupun di 17 Kapanewon Kabupaten Bantul yang sudah mengabdi minimal selama 15 tahun secara aktif dan berpartisipasi dalam penanganan serta pencegahan penyebaran Covid-19. Pemberian penghargaan ini dilakukan secara simbolis kepada empat orang perwakilan yang berasal dari Kapanewon Bantul dan Kapanewon Sewon.

“Kegiatan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ini kami dedikasikan untuk meningkatkan motivasi dan kesadaran kader dan masyarakat agar lebih tahu, mau, dan mampu melaksanakan program-program PKK serta terus aktif mendukung kegiatan PKK. Kami juga berharap puncak acara peringatan hari kesatuan gerak PKK ini semakin memotivasi dan menggelorakan semangat para kader untuk tetap giat melaksanakan tugas dan fungsinya.” ujar Emi Masruroh, S.Pd dalam sambutannya.

Dalam hal ini juga, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Pakualaman membacakan sambutan Gusti Kanjeng Ratu Hemas yang mengatakan, “Tema Keluarga Pelopor Perubahan Maju ini diangkat dengan harapan gerakan TP-PKK dapat menjadi wadah yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat, membangun kerjasama dengan lembaga lain, responsif terhadap kebutuhan masyarakat, dan melakukan pembinaan kepada kelompok-kelompok PKK atau Dasawisma yang ada di Kalurahan.”

Dalam sambutannya mewakili Bupati Bantul, Joko B. Purnomo berharap agar Tim Penggerak PKK ini diberdayakan sampai dengan tingkat kelurahan atau padukuhan kedepannya. Karena di dalam Peraturan Presiden, penyelenggaraan Gerakan PKK ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan. Kemudian dalam penyusunan perencanaan harus melalui 10 program PKK yang selanjutnya disisipkan program-program yang disesuaikan dengan RPJMD Kabupaten Bantul.

Acara inti yaitu pemaparan materi Menjaga Keluarga Tetap Bugar dan Aman di Bulan Ramadhan disampaikan oleh dr. Tirta Mandira Hudhi. Kunci kesehatan tentunya berasal dari diri sendiri, baru ke keluarga dengan menerapkan pola hidup sehat seperti membiasakan cuci tangan kapanpun, mengatur pola makan, dan rutin berolahraga minimal satu kali dalam seminggu. (saz)

  

Berbagi:

Pos Terbaru :