Launching Aplikasi SIDAKUI, Wujud Dukungan Pemerintah Bagi UMKM Di Kabupaten Bantul

Pemerintah Kabupaten Bantul Melaunching Aplikasi SIDAKUI di Gedung induk lantai 3 Komplek Parasamya pada hari ini (18/06).
Dalam sambutannya Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian, Drs. Agus Sulistyana, M.M. mengatakan untuk melaksanakan amanat basis data tunggal Pemkab Bantul melalui Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian mengembangkan portal data yang diberi nama SIDAKUI.
“Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian mengembangkan portal data yang kita beri nama SIDAKUI, Sistem Informasi Data Koperasi UKM dan Perindustrian yang pada kesempatan ini akan dilaunching oleh Bapak Bupati,” Tutur Agus.
Agus juga menyampaikan bahwa sampai saat ini SIDAKUI sudah dimanfaatkan untuk mendata 349 koperasi 86.316 UKM 11.253 IKM lengkap dengan nama, alamat, nik, usaha, dan lain sebagainya sampai 91 item. Fitur yang ada di SIDAKUI meliputi pendataan Koperasi UKM dan Industri, Tata Kelola data UKM DAN IKM berbasis kluster, direktori produk usaha mikro, integrasi data dengan SIBAKUL dan SILDASI milik Disperindag DIY. 
Sementara itu Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih menyampaikan pada masa pandemi sector ekonomi sangat terdampak, untuk itu UKM harus dibuat lebih Kompetitif. 
“Pada masa Pandemi UKM harus dibuat lebih kompetitif, untuk itu kami sangat mendukung atas adanya Aplikasi SIDAKUI, ini adalah wujud dukungan Pemerintah Bantul untuk mewujudkan tata Kelola data, bagi umkm dan pelaku usaha di Kabupaten Bantul,” Tutur Bupati Bantul.
Bupati Bantul juga berharap agar aplikasi SIDAKUI ini benar-benar dikelola dengan baik, dan selalu aktif dengan berbagai informasi kegiatan pembinaan bagi UMKM baik dari Pemerintah provinsi DIY maupun Pemerintah Kabupaten Bantul. Sehingga keberadaanya dapat menjadi motivasi tersendiri bagi UMKM di Bantul agar dapat survive serta bisa berkembang dan bangkit, hingga mampu menghadapi krisis yang melanda.
 

Berbagi:

Pos Terbaru :