Tanamkan Cinta Tanah Air dengan Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

Sosialisasi dan tes UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) bagi kepala perangkat daerah di Kabupaten Bantul kembali digelar untuk menanamkan rasa cinta tanah air sekaligus mengukur standar kemampuan kepala perangkat daerah dalam berbahasa Indonesia.

Acara yang diselenggarakan di Gedung Mandhala Saba Madya, Rabu (21/9) ini merupakan salah satu program dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi. Program ini lantas ditindaklanjuti melalui kerjasama anatara Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Bagian Organisasi Kabupaten Bantul.

Tes UKBI yang diujikan kepada Kepala Perangkat Daerah terdiri atas tiga sesi. Pada sesi pertama, tes yang dilakukan menggunakan metode mendengarkan. Sesi selanjutnya adalah merespon kaidah. Sedangkan di sesi terakhir, kepala perangkat daerah diminta untuk membaca.

Sistem Ujian UKBI hampir sama seperti TOEFL. Hanya beda bahasanya saja, UKBI untuk Bahasa Indonesia sedangkan TOEFL untuk Bahasa Inggris.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta Dra. Dwi Pratiwi M.Pd., menyampaikan sosialiasi dan tes UKBI ini juga diharapkan agar perhatian terhadap Bahasa Indonesia meningkat.

“Bahasa Indonesia sudah terbiasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, jadi terkadang penghargaan kita terhadap bahasa menjadi semakin berkurang. Salah satu upaya untuk meningkatkan perhatian masyarakat, cinta masyarakat terhadap Bahasa Indonesia salah satunya melalui tes UKBI ini,” ujarnya.

Berbagi:

Pos Terbaru :