Ciptakan Pelayanan Prima, Dinkes Kabupaten Bantul Pertahankan Pelaksanaan Audit Eksternal

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul melaksanakan audit eksternal manajemen ISO 9001:2015 pada Selasa (22/11/22) bertempat di Hall Husada, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Bantul, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Tim Auditor Sertifikasi ISO 9001:2015, konsultan pendamping penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2016, kepala puskesmas di Kabupaten Bantul, serta OPD terkait.

Kepala Dinkes Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharja, S.K.M., M.Kes., menyampaikan bahwa penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 di lingkungan Dinkes Kabupaten Bantul dilakukan guna mewujudkan smart organization serta agar selaras dengan budaya kerja. Hal ini mengingat Dinkes Kabupaten Bantul memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

"Kami berharap hasil audit dapat menjadi sarana bagi kami untuk bisa lebih berdaya guna bagi masyarakat Bantul. Apapun hasilnya, Sertifikat ISO 9001:2015 bukanlah tujuan akhir dari penerapan sistem manajemen mutu di Dinas Kesehatan," ujar Agus Budi.

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menuturkan bahwa pelaksanaan audit memang dimaksudkan untuk mengevaluasi penerapan manajemen mutu yang telah dibuat sebelumnya. Hasil audit inilah yang dapat dijadikan masukan sekaligus evaluasi konstruktif bagi peningkatan kinerja suatu organisasi. Hal tersebut turut didorong oleh tuntutan persaingan penyelenggaraan pelayanan publik oleh sektor swasta. Oleh karena itu, kiranya sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 dapat menjadi pilihan tepat dalam rangka peningkatan pelayanan publik.

Halim berharap bahwa Sertifikat ISO 9001:2015 yang diperoleh Dinkes Kabupaten Bantul dapat dipertahankan, sehingga dapat menjadi motivator bagi OPD lain di Kabupaten Bantul untuk turut menerapkan sistem manajemen mutu dalam pelaksanaan fungsi selaku pelayan masyarakat.

"Kami yakin dengan penerapan sistem manajemen mutu akan terwujud pelayanan publik yang prima, yang akan bermuara pada meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten Bantul," pungkas Halim. (Ag)

 

 

 

Berbagi:

Pos Terbaru :