Berawal dari Keprihatinan Para Alumni, Masjid MAN 4 Bantul Mulai Dibangun

Masjid adalah tempat untuk membangun pendidikan moral serta karakter para generasi muda. Selain itu, masjid juga berperan membentuk generasi madrasah Islami. 

Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut, alumni MAN 4 Bantul berkomitmen untuk bersama-sama membangun masjid di MAN 4 Bantul. Tujuan pembangunan masjid yang diberi nama Masjid Alumni ini juga sebagai pelengkap laboratorium keagamaan, serta sebagai sarana membentuk generasi berakhlak mulia, menjadi penerus masa depan bangsa yang dilengkapi ilmu agama.

Sebelumnya, para alumni MAN 4 Bantul merasa prihatin karena masjid yang dimiliki belum mampu menampung semua siswa untuk melaksanakan sholat berjamaah. Saat waktu sholat tiba, siswa harus dibagi menjadi empat kloter untuk melaksanakan sholat berjamaah. 

Sri Suharyanti, Ketua Yayasan Alumni MAN 4 Bantul, dalam sambutannya pada acara Groundbreaking Masjid Alumni sekaligus Milad Ke-54 MAN 4 Bantul, Sabtu (07/01/2023) berharap agar pembangunan masjid berjalan baik dan lancar, serta lebih banyak lagi yang berpartisipasi dalam pembangunan masjid yang diperkirakan akan membutuhkan dana sebesar 3,7 miliar rupiah dan akan dibangun secara bertahap. 

Sementara itu, Masmin Afif, Kakanwil Kemenag DIY juga berharap, melalui pembangunan masjid, MAN 4 Bantul sebagai MAN paling muda ini bisa terus meraih prestasi luar biasa.

"Semoga Masjid Alumni ini akan menjadi masjid yang megah untuk mempersiapkan para siswa MAN 4 Bantul menjadi generasi muda berakhlak mulia dan menjadi penerus masa depan bangsa yang dilengkapi ilmu agama, serta bisa terus meraih prestasi luar biasa," harap Masmin.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih yang turut hadir dalam acara tersebut memberikan apresiasi kepada seluruh alumni MAN 4 Bantul atas kepeduliannya untuk turut serta membangun masjid sebagai sarana pelengkap fasilitas pendidikan. 

"Madrasah tidak hanya mengembangkan kecerdasan intelektual, namun juga spiritual dan emosional. Madrasah juga mengembangkan kecerdasan spiritual melalui pengembangan peribadahan siswa dan ketakwaan kepada Allah. Untuk mencapai hal tersebut, kita memerlukan sarana, salah satunya masjid. Apresiasi kepada para alumni yang memiliki kepedulian mengembangan sumber daya manusia yang lengkap di MAN 4 Bantul," pungkas Halim. (Pg)

Berbagi:

Pos Terbaru :