Mekanisasi Pertanian, Pemkab Bantul akan Berikan Bantuan Mesin Panen

Sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang melimpah, kelompok tani di Dusun Dadapan menggelar Upacara Wiwitan di Bulak Sawah Bangi, Dadapan, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Minggu (22/01/2023). 

Selain ungkapan rasa syukur atas keberhasilan panen, upacara wiwitan ini juga dilakukan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, kerukunan, dan gotong-royong antar warga masyarakat. 

Harsono, ketua panitia wiwitan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini. Selain itu dirinya juga mengatakan bahwa diselenggarakannya acara wiwitan ini juga sebagai upaya melestarikan kebudayaan. 

"Terimakasih kepada semua pihak terutama kelompok tani di Dusun Dadapan, Timbulharjo yang telah mendukung dan memberikan berbagai bantuan sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik. Upacara Wiwitan ini diselenggarakan sebagai wujud 'nguri-uri kabudayan' yang merupakan tradisi turun temurun," ungkap Harsono. 

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih memberikan apresiasi atas diselenggarakannya tradisi wiwitan ini. Beliau berharap agar warga Dusun Bangi selalu diberikan kesehatan dan kesejahteraan, serta senantiasa hidup dengan rukun dan damai. 

Terkait dengan pertanian, Bupati Bantul juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah terus mengembangkan pertanian di Kabupaten Bantul agar para petani semakin sejahtera. Pada Tahun 2023 ini, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Timbulharjo akan mendapatkan bantuan mesin panen dari pemerintah. 

"Pada Tahun 2023 ini, Gapoktan Timbulharjo akan mendapatkan bantuan mesin panen Combine Harvester seharga lebih dari 400 juta rupiah. Silakan untuk dimanfaatkan dengan baik. Semoga dengan adanya mekanisasi pertanian ini, para petani di Bantul semakin sejahtera," pungkas Halim. (Pg)

Berbagi:

Pos Terbaru :