Festival Karawitan Jadi Pemantik Semangat Tumbuhnya Kelompok Karawitan di Kapanewon

Seni Karawitan merupakan salah satu warisan budaya yang harus dijaga kelestariannya. Oleh karena itu, Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul (Kundha Kabudayan) menyelenggarakan Festival Karawitan Antar Kapanewon se-Kabupaten Bantul pada Selasa (23/5/2023) di Pendopo Pemda II Kabupaten Bantul. Kegiatan Festival Karawitan ini berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 23 dan 24 Mei 2023 dan diikuti oleh 17 kapanewon yang ada di Bantul.

Nugroho Eko Setyanto selaku Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul dalam laporan penyelenggaranya menyampaikan kegiatan ini adalah wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Bantul dalam rangka memajukan salah satu objek kemajuan kebudayaan. 

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, yang pertama untuk meningkatkan program pembinaan karawitan. Yang kedua meningkatkan kualitas teknik menabuh gamelan seniman karawitan di Kabupaten Bantul, sebagai sarana penguatan identitas karawitan di Yogyakarta, serta menjadikan karawitan sebagai media silaturahmi antar pelaku seni pada khususnya dan masyarakat pada umumnya,” jelasnya.

Selanjutnya, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, yang hadir dalam kegiatan ini, menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, festival ini dapat dijadikan sebagai pemantik tumbuhnya semangat kelompok karawitan di kapanewon.

“Festival Karawitan ini tujuannya bukan lomba karawitan, tapi sebuah apresiasi seni karawitan, yang menampilkan kelompok seni karawitan yang ada di kapanewon - kapanewon. Harapannya festival ini sebagai pemantik tumbuhnya semangat kelompok karawitan di tingkat kapanewon yang bisa dibina secara terus menerus,” ucapnya. (Syf)

Berbagi:

Pos Terbaru :