Festival Burung Berkicau, Gerakkan Roda Ekonomi Dari Hulu ke Hilir

Diikuti 1500 peserta meliputi 3000 burung dari seluruh Indonesia, Festival dan Lomba Burung Berkicau Tingkat Nasional Gelaran Bupati Cup #2kembali digelar oleh DPC Rajawali, Minggu (16/07/2023) di Pasar Seni Gabusan. Menurut laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia yang juga Ketua DPC Rajawali Indonesia Kabupaten Bantul, Irfan Muhamad, gelaran hari ini adalah gelaran kedua setelah pada tahun lalu sukses menggelar event yang sama.

Irfan menuturkan, alasan DPC Rajawali menggelar Festival dan Lomba Burung Berkicau Tingkat Nasional Gelaran Bupati Cup #2 di Pasar Seni Gabusan karena pihaknya ingin turut mempromosikan Pasar Seni Gabusan menjadi ikon Pasar Seni di Kabupaten Bantul

"Selain itu, kami ingin memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, agar terjadi perputaran ekonomi, khususnya bagi masyarakat yang hidup melalui industri peternak burung," tutur Irfan Muhamad. 

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Irfan Muhamad, Festival dan Lomba Burung Berkicau Tingkat Nasional Gelaran Bupati Cup #2 ini diharapkan dapat menggerakkan sektor ekonomi kerakyatan, tidak hanya di Kabupaten Bantul, tetapi di seluruh penjuru Indonesia.

"Mengingat penghobi burung berkicau ini jumlahnya ribuan bahkan ratusan ribu. Mulai dari pembudidaya pakan, pengrajin sangkar burung yang ini merupakan sektor kraft atau ekonomi kreatif, hingga penangkaran burung dan sekolah2 burung," ujar Halim.

Dengan demikian, lanjut Halim, maka rangkaian ekonomi dari hulu hingga hilir bisa digunakan sebagai kesempatan berusaha yg pd akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan. 

"Sehingga saya mengapresiasi ide/gagasan tentang festival lomba burung berkicau tingkat nasional yang pesertanya semakin banyak ini," pungkas Halim. (Ans)

 

Berbagi:

Pos Terbaru :