Pemkab Bantul Raih Tiga Penghargaan Anugrah Merdeka Belajar 2024

Dalam Anugerah Merdeka Belajar 2024, Pemerintah Kabupaten Bantul mengdapatkan tiga penghargaan secara langsung dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Ketiga penghargaan tersebut yakni AMB kategori Pengelola PIP, kategori Transformasi Anggaran Pendidikan dan kategori Utama Kelompok Pemda Transformatif. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim, kepada Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, di Jakarta Convention Center pada Jumat (5/7/2024). 

Indikator utama yang menjadi penilaian Kemendikbudristek adalah menyangkut pemenuhan alokasi penganggaran didalam APBD murni dan alokasi pemenuhan Surat Pelayanan Minimal (SPM) di bidang Pendidikan.

Dalam sambutannya, Mendikbudristek, Nadiem Makarim, mengucapkan selamat kepada Kepala Daerah yang memperoleh penghargaan Anugerah Merdeka Belajar.

Lebih lanjut Nadiem menyampaikan bahwa karakteristik Sekolah Merdeka Belajar yakni, pembelajaran berpusat pada peserta didik, sekolah diharapkan memiliki iklim inklusif, aman dan kebinekaan, guru gemar belajar dan berkolaborasi, serta kepala sekolah mengedepankan perkembangan satuan pendidikan yang berkelanjutan. 

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menambahkan anugerah ini menunjukkan adanya kolaborasi dan sinergi yang efektif antara guru, orang tua, wakil rakyat, dan masyarakat.

"Ini akan terus kita lanjutkan, bagaimana kualitas pendidikan di Kabupaten Bantul ini, bisa terus kota tingkatkan," ungkap Halim. (Ang)

 

Berbagi:

Pos Terbaru :