Peringatan Hari Perhubungan Nasional 2024: Momentum untuk Refleksi Sektor Transportasi

Bertempat di Lapangan Trirenggo Bantul, peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2024 dengan tema Transportasi Maju Nusantara Baru berlangsung khidmat pada Selasa (17/9/2024). Acara yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait sektor transportasi. Untuk inspektur upacara, dilakukan oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih. 

Dalam sambutannya, Bupati Bantul membacakan pesan Menteri Perhubungan yang mengajak seluruh pengampu kepentingan sektor transportasi untuk melakukan refleksi terhadap bakti dan karya yang telah diberikan bagi bangsa dan negara.

"Sesuai dengan visi misi Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan Indonesia maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong, sektor transportasi telah berkontribusi signifikan dalam membangun konektivitas di seluruh wilayah Indonesia," ujar Halimi dalam sambutan tersebut.

Halim melanjutkan bahwa sektor transportasi di Indonesia telah menunjukkan kemajuan yang pesat, antara lain dengan adanya infrastruktur perkeretaapian di Sulawesi dan pembangunan 27 bandar udara baru, di mana 23 di antaranya terletak di luar Pulau Jawa. Selain itu, subsidi operasional telah diterapkan untuk memastikan layanan transportasi yang terjangkau, merata, dan berkeadilan.
Digitalisasi sektor transportasi juga telah diperkenalkan di seluruh Indonesia, menjadikannya lebih efektif dan efisien, serta memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan. Selain itu, angkutan modern di Indonesia tidak hanya nyaman tetapi juga ramah lingkungan, mendukung komitmen nasional untuk mengurangi emisi dari sektor transportasi.

Dalam penutup sambutannya, Bupati mengapresiasi seluruh insan di sektor transportasi atas segala upayanya dalam memajukan transportasi Indonesia dan berkontribusi pada pembangunan bangsa. Ia meminta seluruh pihak untuk terus berinovasi demi kesejahteraan dan kemajuan sektor transportasi di masa depan. (Syf)

Berbagi:

Pos Terbaru :