Perkokoh Nilai-Nilai Pancasila, Pemkab Bantul Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober oleh bangsa Indonesia. Momentum ini diperingati juga oleh Pemerintah Kabupaten Bantul dengan menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Paseban Bantul, Selasa (1/10/2024).

Upacara ini berlangsung khidmat dengan Komandan Kodim 0729, Letkol Inf Muhidin, S.H., M.I.P yang bertindak sebagai inspektur upacara. Kegiatan ini turut dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), TNI, Polri, ASN dan Non ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul, serta unsur pelajar. 

Hari Kesaktian Pancasila sendiri menjadi momen refleksi penting untuk terus menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, momentum ini juga untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan ideologi Pancasila dari berbagai ancaman, termasuk gerakan-gerakan yang berupaya menggantinya.

Peringatan ini juga dimanfaatkan untuk menegaskan kembali komitmen seluruh komponen bangsa terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai satu-satunya dasar ideologi Negara. Melalui upacara ini, Pemerintah Kabupaten Bantul berharap pengimplementasian nilai-nilai Pancasila dan seluruh sila-silanya dapat terus diamalkan oleh generasi penerus bangsa. Hari Kesaktian Pancasila bukan sekadar peringatan sejarah, namun juga sebagai simbol ketahanan dan persatuan bangsa Indonesia. (Fza)

Berbagi:

Pos Terbaru :