Tanamkan Nilai Agama, Lomba MTQ Pelajar Tahun 2024 Sukses Digelar

Sebanyak 633 pelajar dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/SMK se-Kabupaten Bantul ambil bagian dalam Lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Pelajar Tahun 2024 yang digelar di Kabupaten Bantul. Acara yang berlangsung meriah ini diikuti oleh para pelajar yang berkompetisi dalam 30 cabang perlombaan yang menampilkan kemampuan mereka dalam berbagai aspek terkait Al-Qur'an.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul, Nugroho Eko Setyanto, S.Sos., M.M., mengatakan, Lomba MTQ Pelajar Tahun 2024 ini mengangkat tema “Mewujudkan Generasi Z yang Moderat, Cinta Al-Qur'an, Bermartabat, Berkarakter, serta Berakhlakul Karimah”. Lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap Al Quran sekaligus membentuk karakter mereka menjadi pribadi yang berakhlak mulia. Tema ini sangat relevan dalam upaya membekali pelajar di era digital dengan nilai-nilai moderasi, moralitas, dan kecintaan terhadap Al Quran. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Agus Budirahardja, S.KM. M.Kes., yang secara langsung membuka perlombaan ini mengatakan bahwa moderasi beragama tentu merupakan nilai penting dalam pembentukan kepribadian masyarakat. Dalam konteks pendidikan, nilai-nilai ini berperan dalam menanamkan sikap saling menghormati, toleransi dan mencegah radikalisme. 

“Seperti yang kita ketahui Generasi Z yang tumbuh pada era digital ini mendapatkan tantangan yang harus memiliki pemahaman-pemahaman yang kritis terhadap nilai-nilai moderasi yang baru, “ujar Agus. 

Agus melanjutkan, sejak diselenggarakan pada tahun 1968,Lomba MTQ telah memberikan dampak yang besar dalam membangun kecintaan masyarakat terhadap Al Quran. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah penghafal Al Quran. 

“Saya berharap MTQ tidak hanya sebagai wahana untuk berlatih dan berlomba untuk membaca alquran, tetapi menjadi jalan utk edukasi umat agar semakin mencintai dan membumikan Al Quran,” pungkas Agus. (Ans)

 

Berbagi:

Pos Terbaru :