PEMDA DIY Siap Laksanakan Vaksinasi Dalam Dua Tahap

Bantul, Jumat (22/1/2021) Pemda DIY telah terima vaksin dari Pemerintah Pusat sebanyak 26.800 vaksin  yang ditujukan untuk tenaga kesehatan (Nakes). Karena berbagai pertimbangan, tahap pertama ini di bagi menjadi 2 termin.

Menurut Juru bicara pengelolaan vaksin Covid-19 Bantul, dr. Abednego Dani Nugroho, termin pertama diprioritaskan untuk Nakes Provinsi, Nakes Sleman, dan Nakes Kota Yogyakarta. Sedangkan untuk Nakes Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo akan mendapatkan vaksin di termin kedua. Termin kedua direncanakan 2 minggu setelah pelaksanaan vaksin perdana 15 Januari 2021 atau maksimal akhir Januari.

“Sedangkan untuk jadwal, sampai saat ini kita belum bisa memastikan karena tergantung kedatangan vaksin yang memang belum bisa dipastikan. Namun perkiraannya akhir Januari 2021, “ jelas dr. Abednego.

Untuk tahapan secara Nasional, pemberian vaksin ditargetkan selesai dalam 5 bulan. Tahapan ini dibagi menjadi 2 gelombang. Masing-masing gelombang dibagi menjadi 2 tahap.

Gelombang satu tahap pertama ditujukan untuk tenaga kesehatan. Tahap pertama ini dijadwalkan selesai pada bulan Maret atau April. Tahap kedua ditujukan kepada pelayan publik, seperti TNI/POLRI, relawan hingga ASN.

“Vaksinasi Gelombang kedua tahap pertama ditujukan untuk masyarakat yang rentan. Artinya masyarakat yang tinggal di daerah yang tingkat epidemologi atau penularan sangat tinggi,” tambahnya.

Berbagi:

Pos Terbaru :