Pertama Digelar di Bantul, Festival Kampung KB Dalam Rangka HARGANAS

Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke - 29, Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) menggelar Festival Kampung KB  pada Senin (27/06) di Pasar Seni dan Wisata Gabusan, Sewon. 

Kepala DP3APPKB, Ninik Istitarini, melaporkan bahwa dalam pelaksanaan program bangga kencana telah berjalan dengan baik di Kabupaten Bantul. Hal ini dapat dilihat dari kepersertaan aktif KB . Pada tahun 2021 lalu, kepersertaan KB mencapai 73,73% dan peserta KB baru sebanyak 26,86%. Keberhasilan ini merupakan kerja keras dari PLKB, Kader KB, seluruh institusi masyarakat pedesaan, dan semua yang terlibat di lapangan.

“Dalam pelaksanaanya, Pemerintah Kabupaten Bantul masih mendapatkan tantangan diantaranya, rendahnya kepesertaan KB pria, masih tingginya kontrasepsi hormonal, hingga pernikahan dini karena kehamilan yang tidak diinginkan,” ungkap Ninik. 

Acara yang baru pertama digelar ini, harapannya dapat meningkatkan komitmen seluruh pihak yang terlibat untuk mengembangan Kampung KB secara lebih baik lagi. Tahun ini, Bantul menargetkan memiliki 40 kampung KB yang berkualitas dan masuk tahap mandiri.  

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, menjelaskan bahwa ada perubahan strategi program, di mana fokus dari pemerintah tidak lagi masalah kependudukan tetapi pada pembangunan keluarga. “Ini menjadi momentum untuk dapat menciptakan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, yang harapannya dapat mewujudkan generasi emas untuk tahun 2045,” terang Joko. 
 

 

Berbagi:

Pos Terbaru :