Komitmen Pemkab Bantul Wujudkan Daerah Ramah Disabilitas dengan Rintisan Desa Inklusif

Penguatan inklusi sosial untuk kesetaraan dan hak-hak penyandang disabilitas telah menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Bantul yang sesuai dengan visi misi daerah. Komitmen menjadi daerah ramah disabilitas ini sebisa mungkin diterapkan di seluruh struktur pemerintahan hingga level kalurahan.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat penandatanganan MOU antara Pemkab Bantul dengan Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (Sigab) di Rumah Dinas Bupati Rabu siang (3/ 8), Bupati Bantul menuturkan bahwa perubahan terus dilakukan untuk pemenuhan hak-hak disabilitas. Tak terkecuali oleh OPD harus mengupayakan hak-hak tersebut baik dalam pelayanan publik maupun pelayanan fisik. 

Tak hanya itu, lingkup pemerintahan paling kecil seperti di Kapanewon dan Kalurahan, apabila memiliki komitmen yang kuat, tentu nantinya akan dapat terwujud kalurahan-kalurahan inklusif. Langkah yang bisa dilakukan antara lain pendataan dan asesmen di seluruh pedukuhan. Sehingga dapat diketahui kecenderungan dan kebutuhan apa saja yang bisa diberikan untuk penyandang disabilitas.

Kendati komitmen dan pembenahan dilakukan terus-menerus, Abdul Halim mengakui tetap ada kekurangan dan keterbatasan yang dihadapi pemerintah.

“Kekurangan dan keterbatasan ini bisa disubstitusi melalui kerja-kerja kolaboratif dan sinergis dengan berbagai elemen masyarakat. Seperti penandatanganan MOU dengan Sigab hari ini,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Sigab, Suharto, menuturkan filosofi mewujudkan solidaritas antara difabel dengan masyarakat perlu dibangun dari level pemerintahan paling kecil. Itulah yang menjadi motivasi Sigab melahirkan rintisan desa inklusif sejak tahun 2015 hingga sekarang.

“Ketika banyak desa atau Kalurahan berhasil menjadi desa inklusif, maka bukan hal yang tidak mungkin Kapanewon menjadi inklusif pula. Lalu naik di tingkat Kabupaten, Provinsi, dan nantinya diharapkan menjadi Indonesia yang inklusif,” jelas Suharto.

Berbagi:

Pos Terbaru :