Peringati Hari Desa Asri Nusantara, Ribuan Pohon Ditanam di Bantul

Dalam rangka memperingati Hari Desa Asri Nusantara, Pemerintah Kabupaten Bantul turut memeriahkan Gerakan Penanaman Pohon Serentak di Desa se – Indonesia pada Senin (20/3/2023). Sekitar 3000 pohon ditanam di Kabupaten Bantul di beberapa lokasi, yaitu di Tirtonirmolo, Poncosari, Sitimulyo, dan Sabdodadi.

Kegiatan Gerakan Penanaman Pohon Serentak di desa seluruh Indonesia ini berpusat di kota Pekanbaru, Riau yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin.

Lurah Sabdodadi, Siti Fatimah, dalam kesempatan ini menyampaikan pohon yang ditanam sesuai anjuran gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta,  yaitu tanaman yang mendukung keistimewaan karena Kalurahan Sabdodadi merupakan Desa Mandiri Budaya. 

“Pohon yang ditanam di Sabdodadi adalah pohon yang dianjurkan oleh Gubernur Yogyakarta. Ada pohon asem, pohon alpukat, pohon gayam, pohon durian, pohon mangga, pohon kelengkeng dan pohon produktif lainnya. Harapannya pohon ini dapat memperindah serta membawa manfaat untuk masyarakat setempat,” ucapnya.

Selanjutnya, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo dalam kesempatan yang sama menyampaikan gerakan penanaman pohon secara serentak merupakan program yang membawa pesan agar kita mencintai lingkungan hidup.

“Saya berpesan tanaman yang baru kita tanam untuk dirawat, semoga dua sampai tiga tahun kedepan sudah berbuah. Harapannya tanaman yang kita tanam bisa tumbuh dengan baik dan membawa manfaat untuk masyarakat,” pesannya.

Gerakan menanam pohon pada hari ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi masyarakat desa untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan menjaga keasriannya, serta menjadi langkah nyata desa demi mewujudkan dunia yang lebih baik dan berkelanjutan. Gerakan penanaman pohon ini dilakukan dengan target sebanyak delapan juta pohon di seluruh Indonesia. (Syf)

Berbagi:

Pos Terbaru :