Usulan Masyarakat Dalam Musrenbang Masih Didominasi Pembangunan Fisik.

Usulan dari warga maupun kelompok masyarakat yang dijaring lewat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Desa maupun tingkat Kecamatan sebagian besar masih berupa pembangunan fisik. Padahal saat ini kebutuhan pembangunan ditingkat masyarakat Kabupaten Bantul khususnya masyarakat di wilayah Kecamatan Sanden sangat membutuhkan pembanguan dibidang mental spiritual, budaya dan pengentasan kemiskinan.

Hal diatas disampaikan oleh Camat Sanden Drs. Anom Adiyanto saat menyampaikan sambutan pembukaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Sanden berlangsung di Aula Kecamatan Sanden, Rabu (13/2).

Lebih lanjut Anom menjelaskan bahwa dana pemerintah Kabupaten Bantul yang diterima masyarakat Sanden pada tahun-tahun sebelumnya sangat besar, namun yang kelihatan menonjol adalah pemanfaatan dana untuk pembangunan dibidang fisik saja, dana pembangunan dibidang ekonomi produktif yang bertujuan untuk pengentasan kemiskinan hampir tidak ada bekasnya. Seperti dana bantuan budi daya ikan tawar yang berjumlah sekitar 120 kolam di wilayah sanden yang baru tahun lalu diterima, saat ini tidak ada bekasnya. "Bahkan target penurunan kemiskainan dari bantuan ekonomi produktif tersebut justru berakibat sebaliknya, terbukti pada akhir 2012 angka kemiskinan di wilayah kecamatan Sanden justru mengalami kenaikan sebanyak 22 KK." kata Anom.

Kami perlu mengingatkan, tambah Anom, bahwa pada saat ini sangat mendesak bagaimana pemerintah dapat merubah pola pikir masyarakat agar dpat memberdayakan dirinya dan keluarganya untuk dapat berpola hidup mandiri, produktif, tidak hanya mengandalkan pemberian bantuan, namun apabila menerima bantuan dari pemerintah dapat dikembangkan menjadi sebuah usaha yang produktif atau dapat menambah modal usaha yang telah mereka punyai agar lebih berkembang.

Sementara pada acara yang dihadiri noleh semua unsur diantaranya lurah desa, tokoh masyarakat, perwakilan jajaran instansi tingkat Kabupaten Bantul dan tamu undangan lainya tersebut dalam sambutan Bupati Bantul yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan Kabupaten Bantul, Drs. Misbakhul Munir diantaranya menyampaikan bahwa pada dasarnya program pembanguan pemerintah adalah merupakan implementasi dari program masyarakat di suatu daerah tersebut, maka semakin tinggi keberhasilan pembangunan, semakin tinggi pula program masyarakat yang dapat dicapai.

"Untuk itu, musrenbang di tingkat desa dan kecamatan ini sangat penting karena merupakan proses awal dilaksnakannya program pembangunan untuk jangka waktu setahun kedepan. Dan untuk tahun-tahun berikutnya juga akan dilakukan lagi proses pembangunan ini yang tentunya akan semakin berkemabang sesuai kebutuhan masyarakat menurut perkembangan jaman. " terang Misbakhul Munir.

Pada sesi diskusi peserta musrenbang dibagi empat komisi diantaranya komisi I mendiskusikan bidang pemerintahan, komisi Ii bidang kesejahteraan rakyat, komisi III bidang ekonomi dan komisi IV bidang sarana dan prasarana. Hasil diskusi dilaporkan oleh Sekcam Kecamatan Sanden Drs. Sudjatno dengan hasil bidang pemerintahan terdapat 6 usulan, bidang Kesra 16 usulan, bidang ekonomi 18 usulan dan bidang Sarpras 19 usulan. Usulan tersebut harus segera dilaporkan ke Bapeda dan Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bantul dalam waktu dua x 24 jam. (Sit)

Berbagi:

Pos Terbaru :