Bertempat di ruang rapat timur, Gedung Induk komplek Parasamya, pagi ini (30/9) diadakan Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, yang dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, bapak Dr. Drs. Suyoto, HS, MSi., MMA., Kepala Bagian Humas Drs. Heni Purwana, MM, dan Kepala Kantor Pengolahan Data Telematika drh. Stephanus Sri Budoyo. Dalam rapat ini dihadiri oleh PPID pembantu se-kabupaten Bantul.
Menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan, bapak Dr. Drs. Suyoto, HS, MSi., sebagai PPID, diharapkan semakin transaparan dalam menyampaikan informasi atau dianggap lalai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi.
Selain itu, Agenda Rakor kali ini membahas tentang bagaimana aktivitas website masing-masing SKPD baik Dinas, Bagian dan Kecamatan. Dalam paparannya, drh. Stephanus Sri Budoyo, menjelaskan bagaimana selayaknya website masing-masing dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Data-data yang up to date, berita, kegiatan yang dilakukan oleh tiap instansi wajib untuk diposting dalam website kabupaten. Dalam penjelasannya, website bantulkab.go.id rata-rata diakses 10.000 pengunjung tiap bulannya. Hal inilah yang mendasari kesepakatan bersama untuk tiap-tiap instansi melaporkan setiap bentuk kegiatan, berita, maupun laporan pembangunan ke dalam website bantulkab.go.id, 1 hari 1 berita dan pada subdomain SKPD 1 minggu 1 berita.
Website ini juga merupakan media interaksi dengan masyarakat, dimana terdapat fasilitas untuk masyarakat dalam bentuk menu ide warga dan buku tamu. Disinilah peran PPID pembantu diharapkan selalu melakukan pengecekan setiap hari agar setiap bentuk komunikasi dari warga, saran dan masukan dapat ditindaklamjuti oleh pihak terkait.
Dalam rakor ini juga diadakan brieffing terhadap 12 SKPD yang terdiri dari Dinas, Kantor, Badan, Rumah Sakit dan Kecamatan yang terpilih untuk mengikuti lomba Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik yang diadakan oleh Komisi Informasi Provinsi DIY. (adi)