Wujud penanganan darurat kekurangan air bersih sebagai dampak dari kekeringan, upaya yang dilakukan dalam jangka pendek adalah dengan dropping air bersih. Untuk tahun 2015 ini, kegiatan tersebut dilaksanakan di Kedung Walikukun Banyakan 2 Desa Sitimulyo Piyungan Bantul. Menurut Pemerintah Desa Sitimulyo, Subroto, “untuk warga yang terdampak bencana kekeringan sebanyak 191 KK (540 jiwa) yang mencakup dusun Banyakan 2 dan Banyakan 3 desa Sitimulyo. PD BPR Bank Bantul telah meringankan masalah kekurangan air dengan menyediakan 10 tanki air bersih sesuai dengan kebutuhan warga setempat.â€
Selain dropping air, juga dilaksanakan pembagian paket sembako dan paket perlengkapan sekolah bagi warga Kedung Walikukun Banyakan 2 Sitimulyo. Hal ini dimaksudkan untuk membantu memperingan beban masyarakat di wilayah tersebut.
Penyerahan bantuan bhakti sosial tersebut disampaikan oleh Kabag Kas dan Pemasaran Bank Bantul Heri Sutanto,S.Pt.
Kegiatan bakti sosial ini dihadiri oleh perwakilan karyawan PD BPR Bank Bantul, Pemerintah Desa Sitimulyo dan warga masyarakat Kedung Walikukun Banyakan 2 Sitimulyo Piyungan Bantul. Warga masyarakat sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berterima kasih kepada Bank Bantul atas kepeduliannya berbagi kepada masyarakat, sembari berdo’a agar Bank Bantul bisa terus bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bantul. (dw)