Bupati Bantul Terima Tim Verifikasi Pusat Kabupaten Sehat

Diskominfo - Bupati Bantul Drs. H. Suharsono menyambut kedatangan Tim Verifikasi Pusat Kabupaten Sehat  di Gedung Induk, Lantai. III, Komplek Parasamya Bantul.  Hadir dalam acara tersebut Tim Verifikasi Pusat, Tim Pembina Kabupaten Kota Sehat (KKS), Ketua Bappeda Bantul Ir.Isa Budi Hartomo, MT, OPD terkait serta tamu undangan lainnya. Kamis (29/8).

Dalam laporannya, Ketua Bappeda Bantul menyampaikan bahwa sektor kesehatan merupakan salah satu visi utama dari Bupati Bantul. “Usaha dan program kegiatan selalu dilakukan setiap tahun agar derajat kesehatan masyarakat selalu terjaga, ” ucapnya.

Sementara Bupati Bantul dalam sambutannya mengatakan,“Instrumen anggaran bagaimana perilaku sehat dapat menjadi edukasi dan dapat diaktualisasikan kepada masyarakat. Sehingga Bantul layak dan dapat menjadi studi banding dari luar daerah sesuai visi Bantul yaitu terwujudnya masyarakat Kab.Bantul yang sehat, cerdas, dan sejahtera, ” ungkapnya.

Saya mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, kepedulian akan kesehatan akan membawa budaya yang lebih baik lagi, yakni tatanan masyarakat yang akan terbiasa dengan pola-pola hidup sehat. “ Kesehatan merupakan harta tak ternilai harganya, dengan kesehatan produktivitas masyarakat akan meningkat, “ ungkap Bupati.

Lebih lanjut Tim Verifikasi Pusat Widya Utami, SKM, M.Kes mengatakan, “Mudah-mudahan hari ini kami akan memperoleh informasi dan pemantapan. Setelah melakukan verifikasi dokumen terkait data, informasi, foto, komunikasi dan turun ke lapangan untuk memastikan kegiatan-kegiatan terkait pengajuan dan penyusunan tatanan apakah benar seperti itu. Yang terpenting adalah memastikan apakah masyarakat mendapatkan efek positif dari kegiatan tersebut.

Harapannya semoga bisa menemukan inovasi baru dan menambah apa yang belum diusulkan, ucapnya. Widya Utami menambahkan bahwa seperti yang telah disampaikan oleh Bupati Bantul bahwa esensi dari KKS ini adalah bagaimana seluruh OPD terkait bekerjasama dan berkoordinasi untuk mewujudkan tujuan dari KKS tersebut.

Sementara Hartadi dari Forum Komunikasi Kabupaten Sehat memaparkan visi Kabupaten Bantul yang memiliki pointer sehat, cerdas, dan sejahtera berdasarkan nila-nilai agama dengan lima misi didalamnya. “ Makna sehat Kabupaten Bantul adalah masyarakat Kab.Bantul yang memiliki kesehatan jasmani, rohani, dan sosial. Adapun strategi kebijakan dalam rencana pembangunan antara lain meningkatkan cakupan dan kualitas layanan kesehatan, cakupan pangan dan kualitas gizi berimbang, pencegahan dan pemberantasan penyakit menular, serta pembinaan dan pemasyarakatan olahraga, ” ucapnya.

Usai acara dilanjutkan dengan screening kesehatan di beberapa point tertentu, terlihat Bupati Bantul Suharsobno dan beberapa ASN lainnya ikut melaksanakan check up kesehatan yang disediakan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul.

   

Berbagi:

Pos Terbaru :