Semarak Kirab Merti Dusun Singosaren, Wukirsari

Semarak kegiatan Merti Dusun Singosaren, Wukirsari, Imogiri, pada Minggu (28/8) kemarin, diisi dengan kirab budaya. Peserta mulai memadati lokasi pemberangkatan di Lapangan Demi, sejak pagi hari. Pukul delapan, rombongan kirab dilepas oleh Dukuh Singosaren. Diikuti kurang lebih 500 peserta, peserta kirab melewati sepanjang Jalan Imogiri Timur dan finis di Joglo Opak.

Kegiatan kirab adalah puncak dari Merti Dusun Singosaren yang memang telah rutin dilakukan setiap tahunnya pada Bulan Muharram. Tujuh kelompok bregada dari 5 RT se- Padukuhan Singosaren turut memeriahkan kegiatan kirab. Ada dua gunungan hasil bumi yang ikut diarak oleh peserta kirab.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, yang hadir dalam kesempatan tersebut, mengapresiasi kekompakan dan guyub rukun yang ditunjukkan oleh masyarakat Singosaren. Dirinya berharap semangat ini dapat terus hidup di tengah masyarakat, sehingga masyarakat Singosaren dapat hidup dengan damai dan bersinergi satu denga yang lain.

“Jangan sampai ada konflik di tengah masyarakat yang tidak perlu, jika ada masalah harus diselesaikan dengan baik, sehingga warga Singosaren dapat hidup rukun, tolong menolong, gotong royong, ini amanat dari leluhur kita. Perbedaan itu adalah hal yang biasa, perbedaan tersebut tidak bisa menjadi alasan untuk tidak rukun,” demikian jelas Halim.

 

 

 

Berbagi:

Pos Terbaru :