Manfaatkan Selokan Sekitar Sekolah, SD 2 Wijirejo Luncurkan Mina Perwira untuk Jaga Lingkungan

Dalam rangka mewujudkan profil pelajar pancasila, SD Negeri 2 Wijirejo menggelar Launching Mina Perwira pada Rabu (31/5/2023). Kegiatan yang dilaksanakan di kompleks sekolah ini dimeriahkan juga dengan Gelar Karya Siswa yang menampilkan berbagai karya kreativitas siswa.

Kepala SD Negeri 2 Wijirejo, Sadar Slamet, S.Pd dalam laporannya menyampaikan salah satu latar belakang penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan aliran sungai atau selokan yang selama ini masih sering disalah gunakan oleh masyarakat. 

“Sungai merupakan sumber daya potensial yang berada di sekitar kita, akan tetapi saat ini sungai sering dieksploitasi dan disalahgunakan masyarakat sebagai tempat pembuangan sampah. Oleh karena itu kami melaunching mina perwira ini untuk pemanfaatan selokan yang lebih optimal yang berwawasan lingkungan,” ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa SD Negeri 2 Wijirejo juga turut berusaha mewujudkan bersih sampah 2025, yaitu dengan menggunakan ulang barang barang bekas yang ada. SD Negeri 2 Wijirejo telah mengajarkan siswanya menggunakan sampah plastik bekas untuk menanam tanaman. Hal ini termasuk dalam proyek penguatan pelajar pancasila. Proyek ini memberi kesempatan pada siswa untuk belajar lebih fleksibel.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, Drs. Isdarmoko, M.Pd, M.M.Par., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh warga sekolah SD Negeri 2 Wijirejo yang telah berupaya menyelenggarakan acara ini. 

“Saya apresiasi pengurus sekolah, komite, dan masyarakat yang mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Mina perwira ini implementasi proyek penguatan pelajar pancasila dan juga implementasi kurikulum merdeka,” jelasnya.

Isdarmoko berharap dengan adanya kegiatan ini, anak-anak tumbuh potensinya, bakatnya, leadershipnya, serta rasa cinta dengan lingkunganya sehingga ini semua akan menjadi bekal untuk masa depan anak-anak.

Selanjutnya, launching Mina Perwira dilakukan dengan tebar benih ikan di sekitar SD Negeri 2 Wijirejo. (Syf)

 

Berbagi:

Pos Terbaru :