Budidaya Ikan Hias Sangat Menjanjikan, Kelompok Buana Mina Kadisoro Raih Juara III Nasional

Kelompok budidaya ikan hias Buana Mina Pimpinan Er Johan Purna Widada berhasil meraih juara III Kejuaraan Adi Bhakti Mina Bahari Tahun 2009 Tingkat Nasional. Buana Mina adalah kelompok budidaya ikan hias dari dusun Kadisoro Desa Gilangharjo Pandak, beranggotakan 28 orang berdiri pada tahun 2003 yang membudidayakan berbagai macam ikan hias. Rata-rata setiap anggota mempunyai kolam ikan hias ukuran 2x3m sebanyak 12 buah.

Kejuaraan ini diawali dengan seleksi tingkat Kabupaten dan Propinsi DIY pada awal tahun 2009. Buana Mina berhasil lolos mewakili DIY untuk maju ke tingkat nasional yang penilaiannya dilakukan pertengahan Juli 2009. Dalam lomba yang diikuti perwakilan Propisi se Indonesia tersebut Buana Mina masuk juara III dengan menyabet lima kategori dari 30 kategori yang ditentukan. Mereka menerima hadiah berupa tropi, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 10 juta.

Saat ini usaha budidaya ikan hias sangat menguntungkan, sehingga dapat menjadi solusi usaha bagi warga Bantul. Budidaya ikan hias jika ditekuni dengan baik akan menjadi solusi usaha yang hasilnya dapat mencukupi kebutuhan keluarga serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan terutama di Kabupaten Bantul ini. kata Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bantul Ir. Sugeng Sudaruno, MM saat menyampaikan sambutannya pada acara Penyerahan Hadiah Kejuaraan Adi Bhakti Mina Bahari Tingkat Nasional Tahun 2009 di Aula Dinas KPP Kab. Bantul, Selasa (20/10).

Dalam acara yang juga dihadiri dari perwakilan instansi terkait itu Sugeng Sudaruno menambahkan bahwa pada dasarnya Departemen Kelautan dan Perikanan mengharapkan kepada daerah agar menetapkan komitmennyadan lebih mendorong kepada kelompok-kelompok usaha perikanan untuk meningkatkan penggarapan dibidang perikanan. Karena sampai saat ini potensi laut kita baru tergarap sebesar 60 persen, sehingga pemerintah maupun nelayan belum dapat secara maksimal menggarap bidang kelautan dan perikanan ini.

Apalagi saat ini konsumen ikan hias semakin meningkat, karena ikan hias selain sebagai pajangan yang cukup indah juga sebagai hiasan yang berfungsi sebagai penghilang stres. kata Ir Sugeng Sudaruno. (Sit)

Berbagi:

Pos Terbaru :