Recovery Pasca Pandemi Membuat Persaingan Suku Bunga Koperasi Kalah Saing dengan Bank

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku Tahun 2023 KPRI Karya Bakti Kabupaten Bantul, yang diselenggarakan di Aula Pemda II Manding Bantul pada Rabu (21/2/2024) dihadiri oleh pengawas dan seluruh anggota KPRI Karya Bakti.

Ketua KPRI Karya Bakti, Muhammad Baried, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan selamat datang bagi anggota serta penyampaian pertanggung jawaban pengurus dan pengawas, rencana anggaran dan rencana kegiatan untuk tahun 2024.

“Ini memang menjadi suatu hal yang kita lakukan karena persaingan di unit simpan pinjam ini memang sekarang sangat kalah bersaing dengan bank-bank yang ada. Karena bank itu suku bunganya rendah maka dari itu kita harus mengikuti dan harapan kami setelah suku bunga tersebut diturunkan nanti dari anggota bisa berbondong-bondong untuk bisa meminjam di koperasi,” tutur Baried.

Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi KUKMPP, Guppianto Susilo, menuturkan bahwa RAT adalah salah satu media bagi anggota merupakan kesempatan untuk mengkritisi, mengevaluasi, dan memberikan masukan atas laporan pertanggungjawaban pengurus, dewan pengawas, maupun pengelola. Forum ini merupakan forum rapotan mempertanggungjawabkan atas amanah  seluruh anggota untuk itu seluruh anggota.

“Semua koperasi yang usahanya simpan pinjam saat ini dalam kondisi turun pendapatannya. Salah satu penyebab utamanya adalah kebijakan pemerintah pusat tentang recovery pasca pandemi, seluruh bank yang bergabung dalam himbaran diwajibkan untuk mengucurkan KUR dengan persyaratan yang sangat mudah,” tutur Guppianto.

Ia mengimbau jika koperasi ini sehat apabila mampu mengelola resiko dengan baik dengan memulai mitigasi apalagi usaha yang bagus saat ini adalah simpan pinjam. Usaha simpan pinjam ini adalah usaha yang paling beresiko maka sudah semestinya mitigasi resiko dan pengelolaan resikonya diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik.

Berbagi:

Pos Terbaru :