Semarak Ulang Tahun Ke-73, Ikatan Bidan Indonesia Bantul Gelar Pekan Imunisasi Dunia

Imunisasi merupakan salah satu upaya untuk mengurangi tingkat morbiditas dan mortalitas pada bayi. Upaya pemberian imunisasi sangat efektif dan efisien dalam meningkatkan derajat kesehatan pada bayi. Penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi diantaranya ; tuberculosis, dipteri, pertusis, campak, tetanus dan polio. Ketidaklengkapan imunisasi pada bayi dapat disebabkan beberapa hal yaitu kurangnya pengetahuan ibu tentang manfaat, jadwal, ketakutan efek imunisasi dan adanya persepsi masyarakat yang salah tentang imunisasi.

Menanggapi hal tersebut dan dalam rangka mendukung program pemerintah dalam eradikasi dan eliminasi penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), Ikatan Bidan Indonesia (IBI) menyelenggarakan kegiatan Pekan Imunisasi Dunia. Seperti yang disampaikan oleh Ketua IBI Kabupaten Bantul, Nur Allailiyah, saat Launching Pekan Imunisasi Dunia di Kapanewon Bambanglipuro pada Selasa (23/04/2024), kegiatan Pekan Imunisasi Dunia merupakan kegiatan bakti sosial rutin yang diadakan setiap tahun dan menjadi rangkaian hari ulang tahun IBI. Tahun 2024 ini, IBI genap berusia ke-73 tahun. Kegiatan ini juga sekaligus memperingati Hari Bidan Se-dunia yang jatuh pada tanggal 5 Mei mendatang.

“Launching Pekan Imunisasi Dunia sekaligus dalam rangka ultah IBI ke 73 sekaligus memperingati Hari Bidan Sedunia tanggal 5 Mei mendatang. Bahwa baksos IBI ini adalah sebuah kegiatan rutinitas tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Bidan Indonesia secara berjenjang, dari pusat sampai dengan ditingkat Kabupaten atau Kapanewon,” kata Ketua IBI Bantul.

Berlangsung selama seminggu mulai tanggal 23 April 2024 hingga 29 April 2024. Pekan Imunisasi diwilayah Kabupaten Bantul mengambil lokus ditiga wilayah yakni Kapanewon Bambanglipuro, Kapanewon Pleret, dan Kapanewon Sanden.

“Untuk imunisasi ini lengkap, tidak terbatas, mulai dari BCG sampai dengan PCV kemudian Campak dan lain-lain yang tentu saja disesuaikan dengan jadwal imunisasi yang pada saat itu harus diberikan,” imbuh Ketua IBI Bantul.  

Panewu Bambanglipuro, Tri Manora, S.Sos., dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada IBI Kabupaten Bantul yang telah memilih Kapanewon Bambanglipuro sebagai salah satu lokus program Pekan Imunisasi. Pihaknya berkomitmen untuk mendukung dan melaksanakan imunisasi guna meningkatkan derajat kesehatan bayi.

“Kami akan mensosialisasikan utama kepada ibu-ibu kader untuk melaksanakan pentingnya imunisasi. Kami siap bekerja sama dengan jajaran IBI tentang penanganan stunting utamanya,” ujar Panewu Bambanglipuro. (Fza)

Berbagi:

Pos Terbaru :