Pemberdayaan Kaum Rois, Upaya Memelihara Masyarakat Agamis

Kaum rois, sebagai pemimpin lokal dalam konteks Islam, memegang peran penting dalam membimbing dan mengelola masyarakat dengan berlandaskan nilai-nilai keadilan, kesetaraan, dan kesejahteraan. Kaum rois dipercaya untuk menjaga keharmonisan dan ketertiban di lingkungan mereka, serta memastikan bahwa kebutuhan dasar masyarakat dipenuhi dengan adil dan merata. 

Sebagai upaya meningkatkan kapasitas Kaum Rois dalam membimbing dan mengelola masyarakat Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Bantul menyelenggarakan Pemberdayaan Kaum Rois dibeberapa Kalurahan se-Kabupaten Bantul. 

Dalam kesempatan kali ini Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menghadiri Pemberdayaan Kaum Rois di Kalurahan Terong, Dlingo, Senin (13/05/2024). Tak lupa pada sambutannya, Bupati Bantul mengucapkan rasa terimakasih yang besar kepada Kaum Rois yang telah memberikan bimbingan dan arahan terhadap masyarakat khususnya di Kalurahan Terong. 

Selanjutnya Bupati menuturkan, seperti yang diketahui bersama bahwa warga di Kelurahan terang merupakan warga yang Religius. Maknanya, warga memiliki pengetahuan yang tinggi terhadap agama. Hal ini terbukti dengan banyaknya upacara keagamaan yang ada di Kalurahan Terong. Namun terkadang tidak semua warga memiliki kepercayaan diri bahwa doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Maka disinilah peran seorang Rois. 

“Oleh karenanya saya berharap, apa yang sudah berjalan dengan baik di masyarakat agar terus dilestarikan sehingga masyarakat di Kabupaten Bantul tetap menjadi masyarakat yang agamis,” tutur Bupati Bantul.

Sejalan dengan hal tersebut, dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo yang menjadi narasumber Pemberdayaan Kaum Rois di Pendopo Kalurahan Mangunan, Dlingo mengungkapkan masyarakat di Kabupaten Bantul tidak hanya mengakui, tetapi juga merasakan bahwa Kaum Rois dapat membuat tentram warga masyarakat. Menurutnya, Kaum Rois memiliki jasa yang besar, tidak hanya membangun nilai-nilai ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT, tetapi juga menjadi kepanjangan tangan pemerintah di daerahnya masing-masing. 

“Bahkan, masyarakat menilai bahwa Kaum Rois memiliki kapasitas dan kemampuan khususnya dalam menjalankan perintah-perintah Allah sesuai syariat,” ujar Wakil Bupati. 

Wakil Bupati berpesan kepada lembaga-lembaga keagamaan di Kabupaten Bantul untuk tetap memperhatikan Kaum Rois, salah satunya dengan silaturahmi seperti kegiatan ini. 

“Terakhir, saya mewakili Pemerintah Kabupaten Bantul turut berdoa agar Kaum Rois sekalian diberikan kesehatan dan kesejahteraan,” pungkas Wakil Bupati. (Ans)

 

 

Berbagi:

Pos Terbaru :