Gebyar PAUD dan Open House Ramah Anak, Jadi Ruang Kreasi Anak-anak Bantul

Pentingnya pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berkualitas merupakan suatu hal yang bersifat global. PAUD merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sepanjang hayat. Usia dini merupakan usia emas tumbuh kembang anak dan investasi yang paling tinggi dibandingkan dengan investasi diseluruh periode siklus kehidupan lainnya. Pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya dalam menyediakan akses terhadap layanan PAUD bagi seluruh anak usia dini di Indonesia.

Benang merah dari seluruh komitmen nasional ini adalah jaminan penyediaan layanan PAUD bagi seluruh anak untuk membantu pertumbuhan jasmani dan rohani mereka agar siap dalam memasuki pendidikan selanjutnya. Hal ini yang menjadi latar belakang diselenggarakannya kegiatan Gebyar PAUD dan Open House Ramah Anak Tahun 2024 yang berlangsung pada Selasa (28/5/2024) bertempat di Rumah Dinas Bupati Bantul.

Ibu Ketua Pokja PAUD Kabupaten Bantul, Dwi Joko Purnomo, dalam laporan penyelenggara mengatakan tema Gebyar PAUD dan Open House Ramah Anak Tahun 2024 yakni “Merdeka Berkreasi, Bakat Minat Tergali”. Ia menyampaikan tujuan Gebyar PAUD dan Open House Ramah Anak yaitu guna  memberikan ruang kreativitas anak usia dini agar minat dan bakat tergali sejak dini, membangun kedekatan dan silaturahmi antara Ibu PAUD Kabupaten Bantul dengan anak usia dini, serta mengenalkan rumah dinas Bupati Bantul sebagai ruang publik ramah anak.

“Upaya pendidikan untuk mencapai tujuan tersebut membutuhkan dukungan berbagai pihak, Ibu PAUD Kabupaten Bantul hadir mengambil peran dalam mewujudkan layanan PAUD berkualitas. Dalam rangka memberikan ruang kreativitas bagi anak usia dini, bersama Ibu PAUD Kabupaten Bantul menyelenggarakan Gebyar PAUD dan Open House ramah anak tahun 2024,” kata Dwi.

Gebyar PAUD kata Ibu Ketua Pokja PAUD Kabupaten Bantul, merupakan salah satu langkah nyata yang dilakukan Ibu PAUD Kabupaten Bantul bersama POKJA Ibu PAUD Kabupaten Bantul dalam memberikan ruang kreativitas anak agar bakat minat tergali sejak dini.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, dalam sambutannya beliau menuturkan jika saat ini Kabupaten Bantul telah mencapai tahap Kabupaten Layak Anak dengan predikat Utama dan tinggal satu langkah lagi untuk mencapai tingkat Paripurna. Maka beliau mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar bersama mendukung terwujudnya Bantul sebagai Kabupaten Layak Anak yang Paripurna. Bupati meyakini, anak merupakan investasi untuk membangun kemajuan bangsa. Oleh karena itu, peran serta masyarakat dan para pemangku kepentingan harus saling bersinergi bersama.

“Anak-anak Bantul harus menjadi anak yang gembira, karena anak yang tidak gembira tidak bahagia itu nanti jadi tidak percaya diri, selalu bersedih, dan rendah diri merasa tidak nyaman dan akhirnya sulit untuk berkembang. Maka kepada Ibu PAUD Kapanewon, para pengelola, guru-guru PAUD, para orang tua marilah kita jadikan Bantul ini sebagai Kabupaten Layak Anak. Hari ini sudah mencapai tingkat Utama, dan sebentar lagi Paripurna, ini menjadi penting karena anak-anak kita adalah investasi bagi kemajuan bangsa,” tutur Bupati.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 710 orang yang terdiri dari panitia, tamu undangan, peserta lomba, pendamping, penampil, pendamping penampil dan petugas. Kegiatannya berupa lomba kreativitas dan seni dengan kategori usia terdiri dari lomba anak usia 3-4 tahun berupa lomba kreasi plastisin dan lomba menggambar, serta lomba anak usia 5-6 tahun berupa lomba kreasi origami bahan alam dan lomba bertutur. (Fza)

Berbagi:

Pos Terbaru :