Lolos 10 Besar Nasional, Pemkab Bantul mengikuti Penilaian Tahap II Bhumandala Award Tahun 2024

Pemerintah Kabupaten Bantul mengikuti Penilaian Tahap II Bhumandala Award Kinerja Simpul Jaringan Informasi Geospasial Tahun 2024 pada Selasa (15/10/2024) setelah terpilih menjadi 10 terbaik nasional dalam Penilaian Tahap I kategori kabupaten. Tim dari Pemerintah Kabupaten Bantul dipimpin oleh Sekretaris Daerah, Agus Budiraharja, didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Bobot Ariffi’ Aidin, dan Tim Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR). Dewan juri terdiri dari unsur Badan Informasi Geospasial, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Bappenas, dan akademisi.

Bhumandala Award diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial dalam rangka memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) yang telah berhasil menyelenggarakan dan menerapkan Informasi Geospasial dalam penyelenggaraan perencanaan pembangunan.

Penilaian Bhumandala Kinerja Simpul Jaringan Informasi Geospasial didasarkan pada lima indeks kinerja yang mencakup kebijakan, kelembagaan, teknologi, standar data dan informasi geospasial, serta sumberdaya manusia. Proses penilaian dilakukan secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri. Setiap domain, aspek, dan indikator dilakukan penghitungan sesuai nilai tingkat kematangan berdasarkan bobot yang berbeda-beda untuk menghasilkan Indeks Kinerja Simpul Jaringan Infoormasi Geospasial pada rentang 1,00 sampai 5,00.

Bhumandala Award Tahun 2024 ini genap satu dekade dilaksanakan. Kali ini mengambil tema Tata Kelola Data Spasial Berkualitas untuk Indonesia yang Lebih Baik. 

Pemerintah Kabupaten Bantul telah meraih penghargaan Bhumandala Rajata (Simpul Jaringan) dan Bhumandala Kencana (Geoportal Terbaik) sebanyak dua kali berturut-turut pada Bhumandala Award Tahun 2020 dan 2022. Harapannya, pada Bhumandala Award Tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Bantul kembali memperoleh penghargaan dengan nilai yang meningkat. (Ord)

Berbagi:

Pos Terbaru :