Tata Kelola Irigasi Kab Bantul

Pemerintah Daerah Kab Bantul menerima tamu pada hari Senin (29/3) dari sejumlah aparatur pemerintah Kab Pasuruan,Jawa Timur beserta para anggota dewan Komisi C DPRD Kabupaten tersebut. Dalam kunjungan kerja yang dipimpin oleh Ass I Bidang Pemerintahan Kab Pasuruan, Drs.H.Bambang Pujiyono,MSi menyampaikan maksud dan tujuan mereka ke Pemda Bantul adalah untuk lebih jelas mengetahui tata kelola irigasi pertanian di Bantul.

Menanggapi hal tersebut, Suryanto (Ass I Bid Perekonomian & Pembangunan Kab Bantul) menegaskan bahwa, semua hal yang menyangkut pelaksanaan irigasi, sudah diatur dalam Perda No 29 tahun 2008, yaitu tentang Tata Kelola Irigasi. Menurut Suryanto, di kabupaten Bantul juga sudah ada sertifikasi untuk bibit unggul tanaman pertanian.

Dengan lahan sawah yang beririgasi seluas 14.430,97 hektar yang bersumber dari 13 aliran sungai, maka sepatutnya diterbitkan peraturan untuk menata proses irigasi di lahan pertanian para petani Bantul. Adapun tujuannya adalah untuk lebih meningkatkan hasil pertanian masyarakat Bantul secara merata. Dalam Perda tentang tata cara irigasi, berisi tentang pengelolaan irigasi, pengembangan irigasi serta partisipasi masyarakat (petani) dalam pengelolaan irigasi. Irigasi pertanian di Bantul didukung juga dengan adanya sistem pola tanam dan dibentuk pengamat untuk jaringan irigasi. (dewihumas)

Berbagi:

Pos Terbaru :