Posdaya Edelwys Dusun Serut Palbapang Menerima Kunjungan Dari Tim Pusat Pemberdayaan Keluarga Dan Masyarakat

Kekompakan warga Dusun Serut, Palbapang terlihat saat menerima rombongan tamu dari Pusat Pemberdayaan Keluarga Dan Masyarakat (PPKM) Yayasan Damandiri pada hari Kamis (28/10). Menurut Deputi Direktur PPKM Yayasan Damandiri DR.Rohadi Haryanto,MSc,apresiasi dan solidaritas Posdaya Edelwys yang bertempat di dusun Serut Palbapang ini patut untuk diberi penghargaan atas keberhasilannya menjalankan pembangunan desa. Pemberdayaan Posdaya ini mempunyai maksud dan tujuan untuk meningkatkan program di bidang pendidikan dan pembangunan serta membentuk kebersamaan dengan gotong royong untuk menuju tujuan abad milenium yahun 2015. Tujuan tersebut adalah pengentasan kemiskinan, kemtian ibu melahirkan dan balita, persamaan gender, menghilangkan penyakit-penyakit demi terwujudnya kesehatan masyarakat serta program-program pembangunan lainnya.

Posdaya Edelwys yang mulai dirintis sejak 2 tahun yang lalu ini, mempunyai cukup banyak program untuk peningkatan kesejahteraan dusun Serut tersebut. Pemberdayaan masyarakat di dusun Serut ini diawali pasca gempa bumi 27 Mei 2006. Adanya bencana tersebut, masyarakat semakin kompak untuk meningkatkan derajat dan martabat hidup serta keagamaan. Oleh karena itu, kami tergugah untuk membentuk sebuah kelompok pemberdayaan yang akan menjalankan program pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.kata Kepala Dusun Serut Rohmad Tobadiyono,S.Pd.

Kegiatan-kegiatan yang dikembangkan di Posdaya Edelwys adalah :

I. Bidang Ekonomi : Koperasi Dadi Makmur, Produksi Pembuatan Pupuk Organik,

Pengolahan Sampah, Industri Rumah Tangga, Penanaman 1000 Markisa.

II. Bidang Pendidikan : PAUD Alam, Pelatihan Pertanian Dan Pedesaan Swadaya Desa,

Perpustakaan.

III.Bidang Sosial : Donor Darah, Ambulan Desa.

Selain kegiatan di bidang-bidang tersebut juga masih ada program pengembangan di bidang keagamaan, tanaman Herbal/Apotik Hidup, Posyandu Balita dan Lansia, kandang ternak produktif, pertanian dan program-program pembangunan yang lain.

Menurut Kadus Serut, kami mempunyai visi dan misi Bangunlah Jiwanya Bangunlah Badannya Untuk Indonesia Raya, dan bertekad untuk selalu melaksanakan dan mempertahankan kebersamaan kami dalam menjalankan pembangunan. Kami merasa usaha kami sudah berhasil, selanjutnya akan kami kembangkan dan pertahankan. Sebuah kebanggaan bagi Posdaya Serut yang menjadi desa percontohan dari daerah lain, yang terealisasi dengan adanya beberapa daerah/kota/negara lain yang berkunjung untuk studi banding.

Patut diacungi jempol bagi Posdaya Edelwys yang berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga dalam pengentasan kemiskinan. Terlihat dari data, pada bulan September tercatat masih ada 37 KK miskin tetapi data bulan Oktober tinggal 4 KK yang masih kondisi miskin. Keberhasilan masyarakat Dusun Serut yang pesat ini patut dicontoh oleh daerah lain. Pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat bisa membentuk kondisi yang maju dan berkualitas. (dew)

Berbagi:

Pos Terbaru :