UPS BKM Trirenggo, Bantul Selenggarakan Penyuluhan Gizi Dan Pemberian Makanan Bergizi Pada Balita Keluarga Kurang Mampu

Masyarakat kelurahan Trirenggo, Bantul diberi penyuluhan tentang pemberian makanan bergizi bagi balita oleh Tim Medis dari Puskesmas Palbapang, Bantul pada hari Rabu (08/12) di kantor kelurahan Trirengo. Penyuluhan ini dilaksanakan dengan tujuan agar masyarakat lebih memahami tentang makanan yang baik diberikan kepada balita dan selanjutnya selalu memberikan makanan bergizi kepada balita.

Program penyuluhan dan pemberian makanan bergizi tersebut diadakan sebagai pelaksanaan program PNPM Mandiri Perkotaan. Koordinator UPS BKM Trirenggo H.Kasimin HP mengatakan, "diselenggarakannya penyuluhan dan pemberian makanan bergizi bagi balita ini adalah sebagai pelaksanaan dari program peningkatan kesejahteraan masyarakat yang merupakan bagian program dari PNPM Mandiri Perkotaan. Dana sebesar RP.6.800.000,- dari PNPM Pusat kami alokasikan untuk program penyuluhan dan pemberian makanan bergizi ini. Harapan diadakan program ini adalah bisa lebih meningkatkan kesehatan anak balita sehingga kesejahteraan masyarakat bisa tercipta dengan baik."

Pembentukan fisik dan mental seseorang memang seharusnya dilakakukan sejak anak masih bayi atau balita. Salah satunya adalah dengan memberi asupan makanan yang sehat dan bergizi bagi anak. Menurut penyuluh kesehatan dari Puskesmas, Bidan Yanuar Rinawati Rahayu, "untuk membentuk jiwa manusia yang sehat dan kuat, anak mulai diberi makanan bergizi sejak dalam kandungan. Setelah bayi lahir, anak diberi ASI bergizi. Ketika anak tumbuh dan berkembang maka selanjutnya diberi makanan tambahan berkualitas yang sesuai dengan umur anak. Bertambahnya umur anak semakin bertambah pula kebutuhan untuk perkembangan kesehatan anak. Untuk itu ditambah pula frekuensi dan variasi makanan bergizi berkualitas bagi anak. Makanan yang diberikan adalah makanan bergizi seimbang atau makanan 4 sehat 5 sempurna."

Menutup acara penyuluhan, selanjutnya dibagikan makanan dan minuman bergizi kepada balita dari keluarga tidak mampu. Paket yang diberikan berisi susu, sereal, biskuit, bubur bayi dan lain-lain. Dengan diberikannya makanan dan minuman bergizi tersebut diharapkan bisa membantu pemberian makanan yang sehat dan bergizi kepada balita. (dew)

Berbagi:

Pos Terbaru :