Penyerahan penghargaan juara Lomba Desa/Kampung wisata tingkat DIY tahun 2023 berlangsung di Ballroom Eastparc Hotel Yogyakarta , Senin (21/8/2023).

Kepala Dinas Pariwisata  DIY, Singgih Raharjo, menyampaikan rangkaian, aspek dan mekanisme dalam penjurian sehingga bisa mendapatkan sebuah realita dari kegiatan desa wisata. Penilaian yang dilakukan menggunakan ASEAN standar sehingga sudah tersertifikasi.

Penyelenggaraan kegiatan pemberian penghargaan desa wisata adalah sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama oleh para pengelola desa wisata yang telah mengembangkan dan memajukan desa wisata.  

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, mengatakan bahwa sebelum mengerahkan sebuah desa, perlu melakukan kebijakan dalam sistem manajemen yang benar yaitu reformasi kalurahan. Hal ini dilakukan agar lurah dan seluruh perangkat di desanya turut berpendapat tentang bagaimana membuka lapangan kerja baru yang ada di masing-masing desa sesuai dengan potensi yang dimiliki, dengan harapan agar bisa mendorong masyarakat untuk lebih kreatif dan inovatif.

Pada kesempatan tersebut, tiga perwakilan desa di Bantul yang mendapatkan penghargaan yaitu Lurah Pleret mendapat penghargaan pendamping desa terbaik dan juara 3 yel yel desa, Dewi Carakan Wijirejo, mendapatkan penghargaan pemandu wisata favorit nomor 2, Desa Wisata Srimulyo, Piyungan mendapatkan juara harapan 3 lomba desa wisata se-DIY, dan juara 1 Kategori Desa Wisata Naik kelas adalah Dewi Carakan, Wijirejo Pandak Bantul. 

Berbagi: