Warga Padukuhan Saman Deklarasikan Bersih Sampah dan Bebas Narkoba saat Kirab Peringati HUT RI

Semarak peringatan hari kemerdekaan Indonesia terasa meriah di Kabupaten Bantul, tidak terkecuali di Padukuhan Saman, Bangunharjo, Sewon. Kegiatan Karnaval Kirab Budaya Padukuhan Saman dilaksanakan pada Minggu (18/8/2024). Kegiatan yang bertema Padukuhan Saman bebas sampah dan narkoba turut dihadiri oleh Bupati Bantul.

Dalam Kesempatan ini, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, mengapresiasi Padukuhan Saman yang memiliki berbagai macam program untuk kemajuan Padukuhan Saman. 

“Saya bangga karena kita akan menyelenggarakan berbagai macam program untuk kemajuan Saman, Bangunharjo, Bantul. Syarat nomor satu untuk mewujudkannya adalah warga harus kompak, rukun, dan bersatu. Masing-masing memiliki tanggung jawab dan peran untuk membagun Saman ini menjadi padukuhan yang maju,” tutur Halim.

Halim menambahkan, masyarakat Padukuhan Saman harus menjauhkan diri dari hal yang nyata-nyata merusak, seperti narkoba dan judi online, karena anak muda saat ini adalah masa depan bangsa. 

“Pada saatnya nanti anak muda kita ini yang akan mengisi posisi penting di Indonesia masa depan. Maka marilah kita menata kembali niat, kita siapkan generasi muda kita, agar Saman menjadi padukuhan teladan, yang bersih dari Sampah dan Bebas narkoba,” imbuhnya.

Sejalan dengan arahan Bupati Bantul, Dukuh Saman, Kuat Slamet, menyampaikan harapannya agar masyarakat Padukuhan Saman bersatu mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Bantul.

“Karnaval Kirab Budaya Padukuhan Saman diikuti oleh 11 RT dan setiap RTnya sekitar 70 orang. Rute kirab kali ini memutari Padukuhan Saman, dengan lokasi start dan finishnya sama. Harapannya agar masyarakat Saman semakin guyub rukun, bersatu padu untuk mensukseskan program yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul, yaitu Bantul bebas sampah dan bebas narkoba,” jelasnya

Dalam Karnaval Kirab Budaya Padukuhan Saman ini, dilaksanakan pula Deklarasi Padukuhan Saman Bebas Narkoba dan bebas Sampah oleh seluruh warga padukuhan Saman. (Syf)

Berbagi:

Pos Terbaru :