Gabungan Kelompok Tani ( Gapoktan ) Tri Manunggal Sedyo Melaksanakan Tradisi Wiwitan

Gapoktan Tri Manunggal Sedyo , Triharjo, Pandak melaksanakan tradisi wiwitan di areal lahan demplot seluas kurang lebih 15 Ha. Bupati bantul yang di wakili oleh Asisten Perekekonomian dan Pembangunan, Dr. Drs. Suyoto HS. M.Si, MMA bersama kepala Dinas Pertanian DIY dan Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Bantul melakukan pemotongan padi secara simbolis untuk menandai dimulainya panen padi di lahan tersebut.

Camat Pandak, Dra. Endang Rachmawati, MM, menjelaskan bahwa lahan demplot sekolah lapangan (SL) ini ditanami padi varietas unggul yaitu merdeka, ciherang, setu bagendit dan sidemuk. Demplot tersebut merupakan hibah dari APBD DIY melalui Dinas Pertanian dan dilaksanakan oleh Gapoktan Tri Sedyo Manunggal.

Tradisi wiwitan ini terus dilestarikan di masyarakat sebagai ungkapan rasa syukur terhadap hasil tanam yang melimpah. Dalam tradisi ini, padi yang di panen sebagian akan disimpan untuk benih pada masa tanam berikutnya. Gapoktan Tri Manunggal Sedyo melaksanakan tradisi wiwitan ini selain ungkapan rasa syukur sekaligus melestarikan budaya masyarakat jawa. (kec.pandak)

Berbagi:

Pos Terbaru :