Mudahkan Layanan, Bantul Launching DGS Kesehatan

Di era digital ini semua pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah bisa diakses lewat internet, ternasuk layanan kesehatan untuk masyarakat di Kabupaten Bantul. Untuk itu Bantul launching ( Digital Goverment Cervices ) DGS Kesehatan oleh Bupati Bantul yang diwakili oleh Plt. Asisten Sumber Daya dan Kesejahteraan Rakyat Danu Suswaryanta, SH bertempat di Gedung Induk Lantai III, Senin (24/6).

Menurut laporan panitia penyelenggara yang disampaikan oleh Kasi. Pengembangan Aplikasi Dinas Kominfo Bantul Ida Sekarsari, ST, M.Eng menyampaikan bahwa dalam program DGS Kesehatan ini Dinas Kominfo berperan sebagai penanggungjawab infrastruktur dan pengelolaan data di Kabupaten Bantul. "Lounching DGS Kesehatan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan kesehatan di Kabupaten Bantul," kata Ida Sekar.

Diundang pada acara tersebut diantaranya kepala Puskesmas se-Kabupaten Bantul, Bantul Nitizen, Camat dan kepala OPD di lingkungan Pemkab. Bantul. Menurut Danu, Bupati Bantul mengapresiasi Dinas Kominfo Kab. Bantul yang telah memberikan fasilitas DGS Kesehatan ini. Diharapkan hal ini akan memberikan kemudahan masyarakat untuk mengakses segala hal terkait dengan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan, sehingga masyarakat akan lebih mudah menerima informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan derajat kesehatannya.

Paparan makalah disampaikan oleh DR. Kusrini, M Kom. dari Universitas AMIKOM Yogyakarta. Dalam paparannya Kusrini mengatakan bahwa perkembangan teknologi Informasi memberikan peluang untuk membuat hidup lebih baik, lebih mudah termasuk dalam bidang kesehatan. "DGS Bidang Kesehatan Kabupaten Bantul di desain untuk dapat mengintegrasikan sistem informasi di FKTP dan FKTL terkait dengan sistem rujukan sehingga diharapkan dengan DGS dapat mempercepat proses rujukan," ungkapnya.

Identifikasi stakeholder, tambahnya, diantaranya Dinas Kesehatan Bantul sebagai penanggung jawab fasilitas layanan kesehatan di Kabupaten Bantul, Puskesmas di Wilayah Kab. Bantul sebagai pemberi pelayanan kesehatan level I. Sementara Rumah Sakit di Wil. Kab. Bantul sebagai pemberi pelayanan kesehatan lanjutan yang menjadi rujukan bagi puskesmas, sedangkan Dinas Kominfo Kabupaten Bantul sebagai penanggungjawab infrastruktur dan pengelolaan data di Kabupaten Bantul.

Implementasi sistem di alamat web DGS Kesehatan, http://dgskesehatan.bantulkab.go.id/v2/login

Berbagi:

Pos Terbaru :