Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019 Kabupaten Bantul

Diskominfo - Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kabupaten Bantul berlangsung di SMAN 1 Bantul. Kegiatan ini menggambil tema "Biru Langitku, Hijau Bumiku". Sabtu (29/6).

Menurut laporan penyelenggara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul, Ari Budi Nugroho, ST, M.Sc., mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan serta sebagai upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang permasalahan dan solusi pemcegahan pencemaran udara melalui penghijauan.

Kegiatan ini berlangsung di SMA N 1 Bantul karena salah satu sekolah peraih Adiwiyata tingkat Nasional pada tahun 2017, yang saat ini menuju evaluasi sekolah Adiwiyata mandiri.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih menyampaikan, hari ini merupakan hari yang sangat penting dan strategis bagi kita untuk memperbarui komitmen kita didalam memperbaiki indeks lingkungan hidup di Kabupaten Bantul, karena ini menyangkut peran serta kontribusi semua pihak didalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup kita.

Wakil Bupati Bantul menjelaskan bahwa, secara nasional kita menggunakan tema dalam relevansi tersebut yaitu Biru Langitku, Hijau Bumiku. Tema tersebut diambil karena menggambarkan upaya kita untuk mengendalikan polusi udara sangat berkaitan dengan upaya untuk menata bumi kita menjadi lebih hijau.

"Mudah mudahan upaya kita ini diridhoi dan memperoleh pertolongan dari Allah SWT demi melestarikan lingkungan hidup kita untuk anak cucu, untuk kehidupan generasi mendatang secara lebih baik," tambah pak Halim.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan tanaman secara simbolis dan penyerahan penghargaan Adiwiyata oleh Wakil Bupati Bantul.

Rangkaian kegiatan yang telah dilakukan dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Se Dunia yaitu lomba kebersihan kantor kecamatan pada tanggal 18-20 Juni 2019, penanaman perdana reklamasi bekas tambang di Temuwuh Dlingo pada tanggal 20 Juni 2019, pelatihan daur ulang sampah organik pada tanggal 21 dan 22 Juni 2019 serta sosialisasi kantin sehat dan ramah lingkungan untuk rintisan sekolah Adiwiyata pada tanggal 28 Juni 2019.

(Angga Prastowo)

Berbagi:

Pos Terbaru :