Koordinasi Penyusunan Rencana Induk SPBE Daerah

BANTUL, DISKOMINFO – Untuk membangun sinergi penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang berkekuatan hukum di Kabupaten Bantul, diperlukan Rencana Induk SPBE Daerah yang digunakan sebagai pedoman bagi Pemerintah Daerah untuk mencapai SPBE yang terpadu. Sebagai upaya mempersiapkan penyusunan Rencana Induk SPBE Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul mengadakan rapat koordinasi di Mandhala Saba Pracima, Rabu (4/9).

Kegiatan ini mengundang Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Bantul dan menghadirkan narasumber dari Gamatechno Yogyakarta. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul Ir. Fenty Yusdayati, MT. Dalam sambutannya disampaikan bahwa untuk melaksanakan Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE Pemerintah Kabupaten Bantul belum memiliki Master Plan. “Mohon dukungan OPD untuk menyusun Master Plan lima tahun kedepan. Bantul ke depan seperti apa dengan IT kita. Rencana yang pasti, didukung data yang benar dan dapat dianalisis,” pesan Fenty.

Sementara itu Kepala Bidang Penyelenggaraan e-Government dan Persandian Kawuniningrum, ST, M.Cs, menjelaskan bahwa akan dilakukan survey oleh Gamatechno selaku rekanan dari Dinas Kominfo tentang apa yang sudah dimiliki dan dilakukan oleh OPD terkait layanan SPBE. Penerapan SPBE memiliki 4 (empat) jenis layanan yaitu : 1. Government to Government (G2G) : e-Office, e-Planning, e-Budgeting, e-Monev. 2. Government to Citizen (G2C) : e-Pengaduan, e-Kesehatan, e-Pendidikan. 3. Government to Business (G2B) : e-Procurement, e-Perijinan. 4. Government to Employees (G2E) : e-Kepegawaian, e-Pensiun. Yang bertanggung jawab terhadap SPBE adalah seluruh pimpinan OPD. Masing-masing OPD diharapkan berperan aktif untuk menginformasikan tentang pelayanan berbasis elektronik yang dimiliki dan rencana ke depan.

Narasumber dari Gamatechno Pradiptya Setyahadi, S, Kom, M. Sc, menyampaikan Visi dan Misi SPBE 2018-2025. Visi : Terwujudnya SPBE yang terpadu dan menyeluruh untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi. Misi : 1. Melakukan penguatan tata kelola SPBE, 2. Mengembangkan pelayanan publik yang terpadu, 3. Membangun fondasi TIK, 4. Membangun SDM yang kompeten dan inovatif. Sebagai langkah awal untuk mengintegrasikan aplikasi yang sudah dimiliki oleh OPD akan dilaksanakan survey ke masing-masing OPD terkait Frofil TIK Unit Kerja yang meliputi : SDM, Infrastruktur Jaringan, Perangkat TIK, Anggaran TIK, Regulasi dan Kebijakan, Kendala dan Harapan. Survey dilaksanakan mulai Bulan September 2019 sampai dengan Bulan November 2019 ke masing-masing OPD.

Berbagi:

Pos Terbaru :