GMB-Indonesia dan Disdikpora Kabupaten Bantul Selenggarakan Festival Literasi Daerah

Sebagai wujud kontribusi Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMB-Indonesia) dalam menghadirkan pendidikan yang berkemerdekaan, berkesesuaian, dan berkemajuan, di masa pandemi ini, GMB-Indonesia berupaya hadir dan menjemput semua siswa dan guru untuk tetap dapat berkarya dan meningkatkan kompetensinya. Untuk lebih menjangkau sekolah yang berada di daerah, maka GMB-Indonesia didukung oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bantul menginisiasi diadakannya Festival Literasi Bantul 2021.

“Literasi harus digencarkan, digalakkan, dan harus menjadi budaya di kalangan pendidikan khususnya bagi pendidik dan peserta didik di seluruh jenjang. Kami berterima kasih kepada GMB-Indonesia yang memiliki kepedulian untuk berkerja sama dengan Bantul dalam penyelenggaraan Festival Literasi Bantul tahun 2021. Untuk menyemarakkan gerakan literasi sekolah ini, Disdikpora dan Pemerintah Kabupaten Bantul, tentu sangat mengapresiasi dan mendukung program ini,” ujar Isdarmoko, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul dalam sosialisasi daring program ini, pada Kamis (14/1/2021).

“Melalui program Festival Literasi Daerah ini, kami berharap program-program GMB-Indonesia dapat lebih menjangkau sekolah-sekolah di berbagai daerah. Festival Literasi Bantul diselenggarakan demi memberi ruang bagi siswa, guru, dan sekolah untuk berkarya, mengembangkan kompetensi, meraih prestasi, dan mewujudkan mimpi,” ujar Lenang Manggala, Founder GMB-Indonesia.

Dengan menjadi peserta program Festival Literasi Bantul, siswa, guru, dan sekolah akan mendapatkan berbagai fasilitas, di antaranya: penerbitan buku sekolah secara nasional, belasan workshop digital bersertifikat, piagam dan sertifikat kepenulisan, plakat Sekolah Aktif Literasi, dan sebagainya.

 

Selain penulisan karya, penerbitan buku dan pembelajaran digital, program ini juga memberikan penghargaan bagi siswa, guru, dan sekolah yang berpartisipasi. “Festival Literasi Bantul ini terselenggara karena adanya kepedulian dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bantul pada upaya memajukan pendidikan dan budaya literasi di daerahnya. Diharapkan pemerintah daerah di wilayah lainnya juga memiliki kepedulian yang sama pada upaya memajukan pendidikan dan literasi bagi generasi penerus bangsa ini,” pungkas Lenang Manggala.

Pendaftaran peserta Festival Literasi Bantul 2021 mulai dibuka pada 14 Januari 2021 hingga 25 Januari 2021. Penghargaan bagi siswa yang berprestasi akan dianugerahkan pada acara puncak Festival Literasi Bantul yang akan diselenggarakan secara virtual pada 6 April 2021.

Dalam rangka pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah dan mengembangkan budaya literasi di daerah Bantul, Disdikpora Kabupaten Bantul berharap seluruh sekolah jenjang SD, SMP, SMA sederajat dapat ikut berpartisipasi dalam program ini.

“Sukseskan Festival Literasi Bantul 2021! Harapan kami semua sekolah di Kabupaten Bantul, khususnya yang di bawah naungan Dinas Dikpora yaitu SD dan SMP sederajat diharapkan semua bisa bergabung dalam program ini,” imbuh Kepala Disdikpora Kabupaten Bantul.

Bagi seluruh sekolah jenjang SD, SMP, SMA sederajat di wilayah Kabupaten Bantul dapat melakukan pendaftaran melalui website resmi www.bantul.gsmb-indonesia.com

Berbagi:

Pos Terbaru :