Melalui Virtual Meeting Bupati Bantul ikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral PAM Idul Fitri 1442

Di Aula Wirapratama Polres Bantul, Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih bersama Kapolres Bantul dan Komandan Kodim Bantul mengikuti kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral PAM Idul Fitri 1442 H dimasa pandemi Covid-19 tahun 2021 melalui video conference dari Mabes Polri Rabu (21/4/2021).

Rapat koordinasi yang diadakan bersama oleh Kapolri, Panglima TNI dan Kementerian terkait tersebut diikuti secara daring oleh Forkopimda seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut dijelaskan alasan pemerintah melakukan larangan mudik yang berkaca dari terjadinya peningkatan kasus positif setiap setelah adanya libur panjang.

"Seusai arahan Bapak Presiden apabila masih ada pemudik yang lolos diharapkan satgas PPKM Mikro turut berperan aktif untuk meminta surat bebas Covid-19 serta surat menyurat perjalanan yang diperlukan” Kata Kapolri, Bapak Jendral Listyo Sigit. 

Selain itu Kapolri juga memberikan arahan kepada Babinkamtibmas dan Babinsa untuk melakukan pendataan warga yang memiliki saudara diperantauan serta memberikan sosialisasi agar dapat menyampaikan kepada sanak saudaranya untuk menunda rencana mudik. Selain itu Kapolri juga memberikan perhatian terhadap lokasi wisata. 

Paparan selanjutnya disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang memberikan data survey terkait larangan mudik. 

Sedangkan menurut Menteri Kesehatan, Bapak Budi Gunadi Sadikin, yang menyajikan data-data terkini Covid-19 menyatakan salah satu alasan selain untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus positif juga untuk untuk melindungi kategori lansia.

“Meskipun secara data populasi lansia yang terpapar Covid-19 itu tidak besar namun fatality ratenya untuk lansia itu tinggi. Satu dari tiga lansia yang mendapatkan perawatan intensif tidak dapat tertolong” kata Menteri Kesehatan. 

Menanggapi hal tersebut Bupati Bantul, akan segera melakukan koordinasi dengan OPD. “Kita akan segera melakukan koordinasi dan implementasi dari rakor ini. Seperti kembali pengetatan pelaksanaan PPKM Mikro serta melakukan penyekatan-penyekatan perbatasan mencegah adanya pemudik” Kata Bupati Bantul sesuai mengikuti rapat koordinasi.

Berbagi:

Pos Terbaru :