Penyerahan Bantuan Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni DAK Tahun 2021 oleh Bupati Bantul

BBantul - Acara penyerahan bantuan rumah tidak layak huni (23/6) dilaksanakan di halaman Kapanewon Pandak. Acara ini merupakan program kerja Pemerintah Kabupaten Bantul dalam rangka penyaluran DAK yang di hadiri langsung oleh Bupati Bantul.

Penyerahan simbolis diberikan secara lagsung kepada 20 orang yang mewakili 127 orang oleh Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, mengingat situasi Pandemi Covid-19 dan adanya pembatasan.

Kepala DPUPKP Bantul  Bobot Arifin ST MT, melaporkan beberapa poin di antarannya yaitu; rencana pembangunan jangka menengah kabupaten, visi dan misi Bupati Bantul perihal penyediaan perumahan yang layak huni bagi masyarakat Bantul, serta program kegiatan DPUPKP Bantul.  Beliau menyampailan bahwa pada tahun anggaran 2021 melalui DAK APBD sebanyak 127 calon penerima bantuan yang masing-masing akan menerima dana sebesar 20 juta yang diperuntukkan untuk material sebesar 17.500.000 dan 2.500.000 untuk tenaga, yang diharapkan nantinya dapat diimbangi swadaya dari masyarakat. Dua kecamatan yang mendapat kucuran dana pada tahun 2021 diantarannya Kapanewon Pandak dan Kapanewon Pleret. Proses pencairan DAK APBD Kabupaten Bantul melalui BPD DIY Cabang Bantul langsung ditransfer kepada calon penerima. Beliau menambahkan banwa masih ada 3.792 unit yang belum teratasi, berdasarkan pendataan pada tahun 2019 yang belum tertangani sejumlah 6.381 maka sejumlah 2.589 kasus telah ditangani selama setahun. 

“ Semua calon penerima ini sudah kita lakukan verifikasi, yang antara lain salah satunya tanah yang digunakan itu adalah tanah yang tidak bermasalah, artinya secara status itu memang diperbolehkan. Kedua, belum mendapatkan bantuan dari sumber lain. Ketiga, menempati satu-satunya rumah. Bantuan 20 juta per-unit nantinya kaum penerima bersedia untuk berswadaya” ungkapnya.

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih menyampaikan komitmen pemerintah tentang kelayakan rumah tinggal serta lingkungan sehat dan aman,

“ Apa yang kami lakukan hari ini adalah juga merupakan sala satu bukti nyata, bahwa kebijakan Pemerintah Kabupaten Bantul selalu kami arahkan ke hal-hal yang berkaitan dengan rakyat kecil dan benar-benar peduli terhadap masyarakat. Inilah yang selalu kami usahakan dari tahun ke tahun” pungkas beliau.

 

Berbagi:

Pos Terbaru :