Melebihi Target, Program Bangga Kencana Sukses Akselerasi Pelayanan KB dan Penurunan Stunting

TNI Manunggal Bangga Kencana-Kesehatan (TMKK) 2022 sukses dilakukan melebihi target yang diharapkan melalui penyampaian laporan oleh Komandan Kodim 0729 Bantul Letnan Kolonel Inf. Arif Hermad, S.I.P., dalam acara yang diselenggarakan di Pendopo Manggala Parasmaya II Komplek Pemda Manding, Jumat (23/9). 

“Kegiatan TMKK yang dilakukan mulai dari 1 Agustus hingga minggu kedua bulan September 2022 ini sudah mencapai 6.070 (109,78%) dari target sebanyak 5.529 akseptor dengan peserta KB aktif mencapai 83.712 (57,43%) dari total PUS 145.751,” terang  Arif Hermad.

Tercapainya target pelayanan KB dan penurunan angka stunting melebihi dari angka yang diharapkan menjadi momentum akselerasi bagi Pemerintah Kabupaten Bantul. Momentum ini juga ditandai dengan penyerahan kendaraan antar jemput berupa 1 unit mobil dan 31 unit sepeda motor kepada peserta keluarga berencana yang disaksikan oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Bantul.

Sementara itu, Dra. Ninik Istitarini, Apt. M.P.H., selaku Kepala Dinas DP3APPKB Bantul menambahkan bahwa program ini juga berperan dalam mempercepat angka penurunan stunting di Kabupaten Bantul.

“Program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana yang dikenal dengan program Bangga Kencana  yang didasarkan pada UU No. 52 tahu 2009 ini merupakan program yang diharapkan mempercepat penurunan angka stunting dan pencapaian target pelayanan KB," ujarnya.

Program Bangga Kencana ini masuk program prioritas dalam upaya Pemerintah Kabupaten Bantul dalam membangun masyarakat yang sejahtera. Pentingnya revitalisasi program Bangga Kencana merupakan prioritas pembangunan nasional untuk mencapai tujuan SDGs (Sustainable Development Goals). Selain itu, Pembangunan Keluarga berkontribusi bukan hanya untuk membatasi angka kelahiran, tetapi untuk meningkatkan kualitas manusianya.

Oleh sebab itu, kesuksesan TMKK diapresiasi betul oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih. Program TMKK nyatanya punya kontribusi yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran TNI atas pelaksanaan kegiatan TMKK 2022 yang sangat sukses sehingga kegiatan ini sangatlah berkontrubusi terhadap suksesnya program Keluarga Berencana dan penanggulangan angka stunting di Kabupaten Bantul," pungkas Halim.

Berbagi:

Pos Terbaru :