1000 Srikandi Bantul Siap Jadi Wirausaha Mandiri Bersama IWAPI

Bertempat di Pasar Seni dan Wisata Gabusan, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Bantul menggelar Gebyar Potensi Kreatif Istimewa yakni pameran pemasaran produk lokal unggulan yang berlangsung selama dua hari, 3-4 Desember 2022.

Pada tahun 2017, IWAPI Kabupaten Bantul menyusun program unggulan yaitu Gerakan 1000 Srikandi Bantul “Bangkit dan Berkarya”. Program tersebut bertujuan untuk melatih dan memberdayakan para wanita khususnya ibu-ibu rumah tangga agar dapat menjadi wirausahawan yang mandiri secara ekonomi. Kemudian, program tersebut mulai dijalankan sejak tahun 2018 hingga sebelum pandemi Covid-19 melanda, sudah terlaksana di 16 kapanewon dengan total peserta pelatihan sejumlah 700 orang.

Pada tahun 2022 ini pasca pandemi, program dilanjutkan kembali untuk memenuhi target 1000 Srikandi. Sebanyak 100 peserta dari 9 kapanewon mendapatkan pelatihan pengolahan makanan dan minuman, antara lain pembuatan criping pisang, pengolahan ikan dan pengolahan minuman jahe. Selain itu, ada juga bazar produk unggulan UMKM binaan IWAPI Kabupaten Bantul dan asosiasi lain seperti binaan Dewan Kerajinan Nasioanl Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bantul. Adapula senam massal dan talkshow yang akan dihadiri oleh GKR Bendara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY serta Kepala DKUKMPP Bantul.

Ketua IWAPI Kabupaten Bantul Erwin Yuniati berharap program Gerakan 1000 Srikandi Bantul “Bangkit dan Percaya” bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Bantul, mengurangi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan. Program ini juga diharapkan mampu berperan dalam mewujudkan Bantul sebagai Kota Kreatif Dunia versi UCCN (UNESCO Creative Cities Network).

“IWAPI Bantul terus berupaya mewujudkan program ini dengan melatih, membimbing dan mendampingi 1000 ibu rumah tangga agar menjadi wirausaha mandiri. Selain itu, juga ikut andil dan mengambil peran dalam mewujudkan Bantul sebagai Jejaring Kota Kreatif Dunia tahun 2023,” tambah Erwin. (BN) 

Berbagi:

Pos Terbaru :