Silaturahmi Bersama Cooling System PEMILU 2024 di Bantul

Cooling System Pemilu 2024 resmi dilakukan dalam rangka silaturahmi serta menjadikan ruang diskusi menjelang Pemilu. Kegiatan tersebut dilakukan pada Rabu (25/10/2023) di Embung Baturetno, Banguntapan, Bantul. 

Kegiatan ini didasari oleh kegelisahan masyarakat Banguntapan ketika di wilayah tersebut terdapat sesuatu hal yang mengganggu ketika ingin menerjemahkan cooling system ini. 

“Ketika pemilu ini digunakan sebagai perdamaian tentu hasilnya akan memberikan kebaikan pada masyarakat. Dari adanya keberagaman di Banguntapan ini diharapkan dapat menjalin keharmonisan untuk Banguntapan kedepannya,” pesan I Nyoman Gunarsa selaku Panewu Banguntapan. 

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, pemilu di Kabupaten Bantul sendiri masih terbilang aman termasuk Banguntapan. Walaupun di Banguntapan sendiri banyak keberagaman, hal tersebut tentu dapat memicu adanya keresahan, namun diharapkan tidak terdapat permasalahan terkait dengan pemilu di kedepannya. Sehingga masyarakat dapat menciptakan keharmonisan serta tidak ada konflik menjelang pemilu.

“Rencana perubahan jadwal tentang pilkada dan pemilihan lurah nantinya akan dijadwalkan ulang agar dapat mengantisipasi adanya masalah dengan harapan pemilihan tersebut dapat berjalan dengan baik tanpa adanya keresahan dari masyarakat jika dilakukan dengan waktu yang sama,” jelas Drs. Kurniantara, M.Si., selaku Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan.

Tidak hanya sekedar membahas soal pemilu, dalam acara ini juga membahas dilakukan penyerahan simbolis paket bantuan stunting guna menekan angka stunting di Kabupaten Bantul. Penyerahan paket tersebut dikolaborasikan dengan produk ceting besek. Produk ceting besek sendiri merupakan program dukungan cegah stunting bersama lintas sektor yang anggarannya dari relawan berbagai pihak terkait.

I Nyoman Gunarsa menambahkan, walaupun angka stunting di Banguntapan sendiri tidak terlalu tinggi, namun dapat dijadikan sebagai upaya untuk mencegah peningkatan angka stunting dan perlu menjadi perhatian bagi masyarakat Banguntapan. Sebanyak 6.876 balita di Bantul yang terindikasi stunting yaitu 229. Dengan angka tersebut diharapkan dapat ditangani dengan baik. (Syf)

Berbagi:

Pos Terbaru :